None Sebut Pelantikan Kepala Sekolah Bebas Unsur Politik

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo. (Sulselsatu.com/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melantik ratusan kepala sekolah SMA/SMK/SLB se-Sulsel di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (7/12/2017) pagi ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo menyebut pelantikan 519 kepala SMA/SMK dan SLB se-Sulsel yang digelar hari ini bebas dari unsur politik.

None, sapaan akrab Irman, bahkan mengaku siap berhadapan dengan pihak-pihak yang menyebut jika pelantikan ini politis. Ia meminta agar pihak tersebut membuktikan dugaan itu.

“Kasih berhadapanma. Tidak ada kepentingan politik. Buktikan kalau ada kepentingan politik,” kata None, Kamis (7/12/2017).

Lebih jauh, None menjelaskan, pelantikan kepala sekolah ini tidak berlangsung instan. Kepala sekolah yang dilantik mesti mengikuti sejumlah tahapan dan seleksi sebelumnya.

Hal ini menjadi bukti jika pelantikan kepala sekolah tersebut bebas dari unsur politik.

“Ada observasi UPTD. Kemudian mereka harus ikut Diklat calon kepala sekolah untuk mendapatkan Nomor Unit Kepala Sekolah (NUKS). Ini membantah bahwa pelantikan ini ada (unsur) politiknya. Karena tidak boleh ada kepala sekolah yang dilantik tanpa NUKS. Nuks itu dicari selama sebulan tidak boleh alpa. 15 menit saja alpa NUKS-nya tidak keluar,” jelas None

Jumlah calon kepala sekolah yang diseleksi juga tidak sedikit. None menyebut ada sekitar 1.000 calon kepala sekolah yang mengikuti seleksi hingga diperoleh 519 orang yang dilantik hari ini.

“Jadi ada 120 yang dimosi (tidak percaya), 75 pensiun, sekitar 15 bermasalah dengan hukum. Selebihnya tidak ikut seleksi. Ada 1.000 yang masuk seleksi,” katanya.

Penulis: Jahir
Editor: Awang Darmawan

Komentar :