Dianggap Terlambat, Nurmal: Agus-Tanri Bali Ancaman Bagi Kandidat Lain

Pasangan Agus Arifin Nu'mang- Tanribali Lamo. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Kabar berhembus dari Jakarta bahwa Gerindra meninjau ulang bentuk dukungan partai yang diberikan ke pasangan kandidat Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Prof Andalan).

Koaliasi tersebut rencananya pecah karena suksesi pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019 mendatang.

Sehingga, Gerindra pun optimis membentuk poros baru dengan menggandeng sosok yang pernah menjabat sebagai Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) RI, Tanri Bali Lamo sebagai wakil dari petahana Agus Arifin Numang pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2018.

Bila paket itu terwujud, Direktur Lembaga Konsultan Politik Nurani strategic, Nurmal Idrus menganalisisnya sebagai berikut.

“Paket Agus Arifin-Tanri Bali punya basis yang kuat. Jika mereka berdua maju maka harus diperhitungkan. Ini kekuatan yang mengancam,” kata Nurmal saat dikonfirmasi, Kamis (7/12/2017).

Tak hanya punya basis dukungan. Menurut Nurmal, paket Agus-Tanri juga punya modal karakter yang bagus. Lantas seperti apa peluang dan tantangan bagi paket Agus-Tanri Bali bila berhadapan dengan paket kandidat yang telah ada.

Menurut hitungan politik Nurmal bahwa setiap paket pasangan calon gubernur kini punya peluang yang sama untuk menang. Baik itu pasangan Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, Nurdin Halid-Aziz Qahhar, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dan atau paket Agus Arifin Numang-Tanri Bali Lamo.

“Hasil survei beberapa lembaga survey menunjukkan tak ada keunggulan signifikasi di antara para kandidat. Hal itu mengkonfirmasi bahwa hanya calon yang punya manajemen bagus dan tingkat endurance finansial yang bagus akan memenangkan pilkada. Itu juga berlaku pada Agus TBL yang jika akhirnya dipasangkan tentu akan sangat diperhitungkan lawan-lawannya,” ungkap Nurmal.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Alam Malik

BAGIKAN

Komentar :