Jika Maju di Pilgub, Paket Agus-TBL Diprediksi Sulit Bersaing

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang. (Sulselsatu.com/Ramdhan Akbar)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wacana paket Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) di Pilgub Sulsel 2018 mendatang mulai mencuat.

Padahal, baik Agus maupun TBL sempat dikabarkan tidak akan bertarung. Pasalnya, Agus tidak mampu meyakinkan partai politik. Sementara TBL, ditinggal Nurdin Abdullah yang memilih Andi Sudirman Sulaiman untuk mendampinginya di Pilgub tahun depan.

Pengamat Politik Unismuh Makassar, Luhur A Prianto mengungkapkan, jika paket Agus-TBL betul terwujud, maka pasangan tersebut seperti “rebound’. Sesuatu yang dianggap selesai, tapi tiba-tiba bisa menghentak.

Baca juga: Jika Tembus Arena Pilgub, Agus-TBL Bakal Jadi “Kuda Hitam”

Hanya saja, paket ini diprediksi bakal kesulitan bersaing dengan kandidat lainnya yang lebih duluan bergerak.

“Di antara kandidat lain yang juga akan bertarung, pasangan Agus-TBL relatif ketinggalan langkah. Meski tetap memiliki peluang,” kata Luhur kepada sulselsatu.com

Menurut Luhur, mengejar pergerakan elektoral kandidat lain, bukanlah hal yang mudah. Secara psikologis, performa dan elektabilitasnya Agus-TBL perlu semangat baru.

Baca juga: Dikabarkan Paket dengan Agus, Ini Reaksi TBL

“Agus butuh sesuatu yang “besar” untuk tetap menjaga asa di kontestasi Pilgub. Butuh dukungan tokoh besar, ongkos politik besar dan energi baru yang besar untuk tetap survive di kontestasi,” ucapnya.

Namun, jika melihat konstalasi politik di Pilgub Sulsel yang sepenuhnya berada di tangan elit nasional, lanjut Luhur, maka bisa saja pasangan Agus-TBL menjadi kandidat yang mengejutkan.

“Dalam sepakbola, layaknya pemain super-sub yang turun di menit-menit terakhir. Pemain seperti ini bisa mengubah jalannya pertandingan,” tutupnya.

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Awang Darmawan

Komentar :