KPU Kerahkan 72 Petugas Verifikasi Faktual 1 Juta KTP Dukungan IYL-Cakka

Suasana verifikasi kategori tidak memenuhi syarat pada tahapan verifikasi administrasi di posko independen KPU di Grand Asia. (Sulselsatu.com/Esa Ramadana)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel bakal mengerahkan 72 petugas untuk melakukan verifikasi faktual KTP dukungan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

Seluruh petugas berasal dari panitia penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat kabupaten dan kota. Setiap kabupaten/kota mengutus 3 orang petugas.

Verifikasi faktual ini rencananya akan mulai dilakukan pada 12 hingga 25 Desember mendatang.

Untuk mempersiapkan hal itu, KPU Sulsel mengumpulkan mereka di posko tahapan independen di Hotel Grand Asia, Makassar, Rabu (6/12/2017) malam kemarin. Mereka diberikan pembekalan untuk menghadapi proses verifikasi faktual nanti.

“Semua panitia hadir baik itu kabupaten dan kota. Tidak ada yang absen,” kata Komisioner KPU Sulsel, Misna Attas.

Misna mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengkoordinasikan tugas-tugas yang bakal diemban para petugas.

“Panitia kabupaten kota ini kami berikan petunjuk-petunjuk terhadap verifikasi faktual yang memenuhi syarat dan berstandar sesuai dengan peraturan KPU,” kata Misna.

Selain itu, mereka juga dibekali petunjuk teknis yang berhubungan tata cara beserta tahapan penulisan dokumen.

“Misalnya, catatan pendukung yang kami sudah catat, terus panitia mengecek atau memfaktualkan dukungan tersebut di lokasi dan memberikan penilaian lolos tidaknya pada tahapan ini,” ujar Misna.

KPU Sulsel sendiri rencanya bakal menyerahkan dokumen asli dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Pilgub Sulsel paling lambat 8 Desember mendatang.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Awang Darmawan

BAGIKAN

Komentar :