Genangan Masih Sering Muncul, Pemkot Klaim Sukses Atasi Banjir

Banjir yang terjadi di Makassar beberapa waktu lalu. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar berkomitmen menjadikan Kota Makassar bebas banjir di tahun 2017. Program tersebut dituangkan dalam rencana strategis lima tahun Pemkot Makassar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Fuad Azis mengungkapkan program-program pengendalian banjir seperti membangun saluran drainase, rehabilitasi drainase, dan pengerukan sedimentasi diklaim mampu mengurangi genangan air di titik-titik rawan banjir di tahun 2017 ini.

“Pemanfaatan fisik 91 persen sudah kita rasakan, kita lihat titik-titik rawan banjir di Makassar seperti di Paccerakkang, Biringkananyya, Perintis Kemerdekaan dan Pettarani. Genangan airnya tidak sampai melewati 24 jam,” katanya, Jumat (8/12/2017)

Khusus pengerukan sedimentasi, Fuad mengatakan, tidak lagi menggunakan pihak ketiga. Wali Kota Makassar telah membentuk satuan tugas khusus pengendalian genangan sebanyak 380 petugas.

Akan tetapi, oleh Fuad, jumlah satgas tersebut masih minim lantaran setiap tahun pihaknya mengeruk sekitar 7 juta kubik sedimentasi dengan panjang 3.233.000 meter kaki.

Besaran itu seharusnya dikerjakan oleh 1.000 petugas.

“Tahun depan rencananya Pak Wali akan tambah 100 orang satgas. Alhamdulillah 380 satgas dengan besaran seperti itu, mereka juga mampu kerjakan, tetapi harusnya memang ada penambahan pasukan,” ujarnya.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

BAGIKAN

Komentar :