Raih Akreditasi A, Ilmu Pemerintahan Unismuh Bersiap Ikut Akreditasi Internasional

Sukses meraih akreditasi A dari BAN-PT, Prodi Ilmu Pemerintah FISIP Universitas Muhammadiyah Makassar fokus mengejar akreditasi internasil. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Muhammadiyah Makassar telah mendapat pengakuan akreditasi Unggul atau A dari BAN-PT.

Raihan ini membawa Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh sejajar dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bahkan masuk pada kategori 10 besar program studi Ilmu Pemerintahan terbaik di Indonesia, dan menjadi ke-3 di luar Pulau Jawa.

Raihan akreditasi ini sejalan dengan target yang dicanangkan pimpinan universitas dan fakultas. Pencapaian ini merupakan hasil dari dukungan pimpinan dan seluruh stakeholders, baik dari para dosen, mahasiswa, alumni dan para mitra institusi lainnya.

“Syukur Alhamdulillah atas pencapaian. Ini hasil kerja bersama. Team Work yang penuh dedikasi. Dukungan pimpinan, sejawat dosen, staf akademik, mahasiswa, alumni dan jejaring mitra institusi juga luar biasa. Terima kasih untuk kepercayaannya,” kata Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh, Andi Luhur Prianto, dalam keterangan pers yang diterima sulselsatu.com, Jumat (8/12/2017).

Ia mengatakan, pencapaian ini tidak lantas membuat puas para pengelola program studi. Target selanjutnya adalah membawa Ilmu Pemerintahan Unismuh masuk pada kiprah dan pencapaian di level ASEAN dan Asia Pasifik.

Ke depan, pengelola program studi sedang menjajaki dan menyesuaikan praktek tata kelola dan pemenuhan standar penilaian dari lembaga-lembaga akreditasi internasional bereputasi, seperti AUN-QA dan APSPA.

“Tapi kami tidak berhenti. Masih banyak yang harus dicapai. Kita tidak bisa bertahan dengan cara-cara lama. Ke depan ini, kita segera songsong akreditasi AUN-QA dan APSPA,” ujar dia.

ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) sendiri merupakan platform standardisasi mutu pembelajaran di perguruan tinggi yang didesain oleh jejaring perguruan tinggi di Asia Tenggara.

Kementerian Ristek Dikti sendiri telah mengakui standarisasi AUN-QA sebagai salah satu indikator internasionalisasi perguruan tinggi.

Sementara akreditasi oleh Asia Pacific Society for Public Affairs (APSPA) merupakan platform asesmen tata kelola dan proses pembelajaran berbasis keilmuan oleh asosiasi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Politik dari jejaring perguruan tinggi di kawasan Asia Pasifik.

Editor: Awang Darmawan

BAGIKAN

Komentar :