iklan Kareba Parlementa

Tips Memasak Steak Daging Agar Empuk dan Tidak Keras

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Munculnya kreasi kuliner baru karena selera pasar atau konsumen yang menyukai variasi cita rasa baru di dalam makanan, termasuk Steak. Peluang ini dibaca oleh pelaku usaha boga, seperti restoran yang menyediakan Steak untuk melakukan variasi dan inovasi steak baru. Dengan banyaknya pilihan, tentu konsumen semakin tertarik.

Awalnya Steak terbuat dari daging sapi, kambing, dan ayam. Sekarang perkembangannya sudah meluas. Ada Burger Steak yg terbuat dari daging cincang, Duck Steak, Steak Udang, dan Steak Ikan. Untuk Steak Ikan sebaginya digunakan ikan fillet yang berdaging tebal dan tidak banyak mengandung duri, seperti salmon, kakap dan gindara.

Untuk Steak daging sapi, sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk itu, diperlukan bagian daging yang cepat matang dan empuk agar tekstur daging tidak liat. bagian daging yg cocok untuk Steak adalah bagian pinggang atau pungguk.

Seperti tenderloin (haas dalam) dan sirloin (haas luar). Kedua bagian ini sangat cocok untuk dibuat Steak, karena tidak berotot, berserat halus dan tidak terlalu banyak mengandung lemak.

Bagian lain yg sering diolah menjadi Steak adalah cube roll (rib eye) yaitu daging punggung bagian dalam, dan T-bone, yaitu bagian punggung dalam sampai ke bagian bawah memotong tulang punggung. Bagian daging sapi T-bone ini cocok diolah menjadi T-bone Steak. Sebagian orang juga memanggang bagian daging iga menjadi Rib Steak.

Sebelum dipanggang, Steak harus dibumbui terlebih dahulu (marinade) bersama bang putih cincang, lada bubuk dan lea & perin sauce selama ± 30 menit, agar bumbu meresap dan Steak menjadi lebih lezat. Jangan menambakan garam di dalam bumbu marinade.

Jika garam terlalu lama dibiarkan bersama daging, maka garam akan mengeluarkan cairan di dalam daging. Sehingga cita rasa daging menjadi kurang lezat. Cukup taburkan garam beberapa saat sebelum steak dipanggang.

Daging steak dapat dipanggang di atas wajan steak hingga matang. Tingkat kematangan Steak ada beberapa macam, yakni: Very Rare yaitu untuk 225 gr daging dimasak 2 menit tiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah dan merah.

Rare, yaitu untuk setiap 225 gr daging, dimasak 3 menit tiap sisinya, hingga menghasilkan warna merah muda pada permukaan Steak. Sedangkan di dalamnya masih mentah. Tingkat medium, yakni untuk 225 gr daging dimasak 5 menit tiap sisinya.

Tahap ini membuat bagian luar daging berwarna kecokelatan, dan di dalamnya merah muda hampir matang. Dan tingkat yang paling atas adalah well done, untuk 225 gr daging dimasak 15 menit, hingga menghasilkan daging yang matang. Untuk penggemar Steak tingkat kematangan ini tidak disarankan sebab daging kehilangan cita rasa gurihnya.

Wajan atau Hot Plate untuk memanggang Steak sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasak. Karena wajan yang panas akan membuat pori daging segera tertutup dan cairan daging tidak banyak yang keluar, sehingga rasa juicy-nya tetap terjaga.

Steak daging lazimnya disajikan dengan brown sauce (gravy), White Sauce seperti Bechamel sauce atau béarnaise sauce. Brown sauce bisa ditambahkan jamur menjadi Mushroom Sauce. Untuk Steak Ikan lebih cocok disajikan dengan Cheese Sauce atau Tartar Sauce.

Yang paling umum digunakan sebagai sauce Steak sapi adalah Brown Sauce, terbuat dari 200 ml gravy (cairan dari sisa membakar atau menggoreng daging yang ditambah air), lalu ditambahkan ke dalam tumisan 2 sdm mentega, 40 gr bawang bombay cincang dan ½ sdm tepung terigu.

Kemudian ditambahkan 100 ml krim kental dan dimasak hingga mendidih sambil terus diaduk rata. Setelah itu ditambahkan 2 sdm saus tomat, 1 sdm saus inggris, ½ sdt lada halus dan ½ sdt gula pasir. Lalu dimasak hingga mendidih dan kental. Saus selanjutnya disaring dan dituang ke atas Steak

Tips mengolah Steak agar empuk dan tidak keras seperti dijabarkan Budi Sutomo, Konsultan Kuliner yang dilansir dari Netralnews.com:

1.Potong daging sapi dengan cara melawan urat atau serat daging agar daging tidak liat atau keras.

2.Jika Steak disajikan dalam bentuk potongan besar, maka rendam dalam bumbu lebih agar bumbu meresap. Tambahkan juga bahan pengempuk daging (serbuk papain) shingga tekstur daging tidak keras.

3.Pilih daging bagian terlunak seperti sirloin atau topside untuk menghasilkan Steak dengan keempukkan yang maksimal

4.Jangan memanggang Steak daging sapi terlalu lama karena tekstur daging akan liat dan rasa manis khas daging menjadi hilang.

5.Layukan daging dalam freezer selama semalam agar tekstur daging lebih empuk.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

Artikel Lainnya

Ini Pesan dari Istana Terkait Bom Terminal Kampung Melayu

SULSELSATU.com - Melalui Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, Presiden Joko Widodo...

Kuasa Hukum KPU Makassar: Mustahil Putusan Panwas Gugurkan Putusan MA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinamika politik di Pilwali Makassar kembali "bergairah" pasca...

VIDEO: Bayi Selamat dari Kecelakaan KM Lestari Maju

SULSELSATU.com - Tim SAR dan TNI Angakatan Laut (AL) menemukan balita...

NH Jadikan Harkopnas Panggung Sosialisasi Pilgub

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid...

Kepala Cabang BPJS Parepare Sebut BPJS Gratis Sidrap Bukan Program Nasional

SULSELSATU.com, SIDRAP - Program BPJS Kesehatan gratis atau Kartu Indonesia Sehat...

Terkini

VIDEO: Massa Bakar Kantor Bupati Keerom, Tak Terima Hasil CPNS

  SULSELSATU.com - Sejumlah massa melakukan aksi pengerusakan di Kantor Bupati, Disnaker,...

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...