iklan Kareba Parlementa

Tips Memasak Steak Daging Agar Empuk dan Tidak Keras

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Munculnya kreasi kuliner baru karena selera pasar atau konsumen yang menyukai variasi cita rasa baru di dalam makanan, termasuk Steak. Peluang ini dibaca oleh pelaku usaha boga, seperti restoran yang menyediakan Steak untuk melakukan variasi dan inovasi steak baru. Dengan banyaknya pilihan, tentu konsumen semakin tertarik.

Awalnya Steak terbuat dari daging sapi, kambing, dan ayam. Sekarang perkembangannya sudah meluas. Ada Burger Steak yg terbuat dari daging cincang, Duck Steak, Steak Udang, dan Steak Ikan. Untuk Steak Ikan sebaginya digunakan ikan fillet yang berdaging tebal dan tidak banyak mengandung duri, seperti salmon, kakap dan gindara.

Untuk Steak daging sapi, sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk itu, diperlukan bagian daging yang cepat matang dan empuk agar tekstur daging tidak liat. bagian daging yg cocok untuk Steak adalah bagian pinggang atau pungguk.

Seperti tenderloin (haas dalam) dan sirloin (haas luar). Kedua bagian ini sangat cocok untuk dibuat Steak, karena tidak berotot, berserat halus dan tidak terlalu banyak mengandung lemak.

Bagian lain yg sering diolah menjadi Steak adalah cube roll (rib eye) yaitu daging punggung bagian dalam, dan T-bone, yaitu bagian punggung dalam sampai ke bagian bawah memotong tulang punggung. Bagian daging sapi T-bone ini cocok diolah menjadi T-bone Steak. Sebagian orang juga memanggang bagian daging iga menjadi Rib Steak.

Sebelum dipanggang, Steak harus dibumbui terlebih dahulu (marinade) bersama bang putih cincang, lada bubuk dan lea & perin sauce selama ± 30 menit, agar bumbu meresap dan Steak menjadi lebih lezat. Jangan menambakan garam di dalam bumbu marinade.

Jika garam terlalu lama dibiarkan bersama daging, maka garam akan mengeluarkan cairan di dalam daging. Sehingga cita rasa daging menjadi kurang lezat. Cukup taburkan garam beberapa saat sebelum steak dipanggang.

Daging steak dapat dipanggang di atas wajan steak hingga matang. Tingkat kematangan Steak ada beberapa macam, yakni: Very Rare yaitu untuk 225 gr daging dimasak 2 menit tiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah dan merah.

Rare, yaitu untuk setiap 225 gr daging, dimasak 3 menit tiap sisinya, hingga menghasilkan warna merah muda pada permukaan Steak. Sedangkan di dalamnya masih mentah. Tingkat medium, yakni untuk 225 gr daging dimasak 5 menit tiap sisinya.

Tahap ini membuat bagian luar daging berwarna kecokelatan, dan di dalamnya merah muda hampir matang. Dan tingkat yang paling atas adalah well done, untuk 225 gr daging dimasak 15 menit, hingga menghasilkan daging yang matang. Untuk penggemar Steak tingkat kematangan ini tidak disarankan sebab daging kehilangan cita rasa gurihnya.

Wajan atau Hot Plate untuk memanggang Steak sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasak. Karena wajan yang panas akan membuat pori daging segera tertutup dan cairan daging tidak banyak yang keluar, sehingga rasa juicy-nya tetap terjaga.

Steak daging lazimnya disajikan dengan brown sauce (gravy), White Sauce seperti Bechamel sauce atau béarnaise sauce. Brown sauce bisa ditambahkan jamur menjadi Mushroom Sauce. Untuk Steak Ikan lebih cocok disajikan dengan Cheese Sauce atau Tartar Sauce.

Yang paling umum digunakan sebagai sauce Steak sapi adalah Brown Sauce, terbuat dari 200 ml gravy (cairan dari sisa membakar atau menggoreng daging yang ditambah air), lalu ditambahkan ke dalam tumisan 2 sdm mentega, 40 gr bawang bombay cincang dan ½ sdm tepung terigu.

Kemudian ditambahkan 100 ml krim kental dan dimasak hingga mendidih sambil terus diaduk rata. Setelah itu ditambahkan 2 sdm saus tomat, 1 sdm saus inggris, ½ sdt lada halus dan ½ sdt gula pasir. Lalu dimasak hingga mendidih dan kental. Saus selanjutnya disaring dan dituang ke atas Steak

Tips mengolah Steak agar empuk dan tidak keras seperti dijabarkan Budi Sutomo, Konsultan Kuliner yang dilansir dari Netralnews.com:

1.Potong daging sapi dengan cara melawan urat atau serat daging agar daging tidak liat atau keras.

2.Jika Steak disajikan dalam bentuk potongan besar, maka rendam dalam bumbu lebih agar bumbu meresap. Tambahkan juga bahan pengempuk daging (serbuk papain) shingga tekstur daging tidak keras.

3.Pilih daging bagian terlunak seperti sirloin atau topside untuk menghasilkan Steak dengan keempukkan yang maksimal

4.Jangan memanggang Steak daging sapi terlalu lama karena tekstur daging akan liat dan rasa manis khas daging menjadi hilang.

5.Layukan daging dalam freezer selama semalam agar tekstur daging lebih empuk.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto ditutup sementara, Jumat (18/9/2020). Penutupan pelayanan sementara dilakukan setelah Kadis Disdukcapil,...

KNPI Barru Kecam Aksi Rusuh Demontrasi 

Foto : Ketua KNPI Barru Kaharuddin Pallemmai SULSELSATU.com, BARRU- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barru mengecam aksi demontrasi yang melakukan kegaduhan dan kerusuhan di...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Artikel Lainnya

Lakukan Tips Ini Agar Tidak Ngantuk Saat di Kantor

SULSELSATU.com - Berapa kali Anda menguap saat bekerja hari ini? Selain...

None Sebut Penerimaan Siswa Baru SMA/SMK Tahun Ini Bebas Calo

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo menegaskan...

Dandim Nyanyikan Saat Terakhir, Ratusan Persit Meneteskan Air Mata

SULSELSATU.com, PALOPO - Persatuan Istri Tentara (Persit), Kodim 1403 Sawerigading Kota...

Bawaslu Sulsel Janji Tindaklanjuti Laporan IYL-Cakka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel berjanji segera menindaklanjuti...

Inter Milan Masih Berusaha Datangkan Bek Lazio

SULSELSATU.com, MILAN - Meski bursa transfer musim dingin sudah berakhir, Inter...

Terkini

VIDEO: Viral, Bocah Ini Mandi Air Panas di Atas Wajan

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang bocah laki-laki mandi air panas...

Progres Pembangunan Rest Area Jeneponto Sudah 34 Persen

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, melakukan peninjauan...

Dua ASN di Lutra Kepergok Bawa Logistik Petahana Indah-Suaib

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III di...

INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

  SULSELSATU.com - Sebanyak 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan, 12...

Adnan Tegaskan Pihaknya Dukung Penerapan Protokol Kesehatan di Pilkada

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama KPU, Bawaslu dan...