Pemeriksaan Kesehatan, Ini Penyakit yang Bisa Mengganjal Kandidat ke Arena Pilkada

23
Ketua IDI Sulsel, dokter Muhammad Ichsan Mustari, ditemui di lokasi pemeriksaan kesehatan di Gedung Private Care. (Sulselsatu.com/Esa Ramadana)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel memeriksa kesehatan bagi seluruh calon kepala daerah se-Sulsel, Jumat (12/1/2018) pagi.

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, dpkter akan fokus untuk memastikan kemampuan fisik calon gubernur, walikota, dan bupati. Dokter ingin memastikan apakah kandidat memiliki kesehatan yang baik selama lima tahun mendatang.

“Pemeriksaan ini bukan mensyaratkan sehat atau tidak sehat. Syarat kesehatan ini, apakah dia mampu atau tidak mampu melaksanakan pekerjaannya untuk lima tahun ke depan,” kata Ketua IDI Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari, ditemui di lokasi pemeriksaan kesehatan di Gedung Private Care.

Ichsan mengatakan, hasil dari tahapan berupa rekomendasi mampu atau tidak mampu dalam bekerja selama memimpin dengan ditopang kondisi fisik tubuh yang prima. Dengan demikian, aktivitas kandidat dalam melayani masyarakat di daerahnya masing-masing tidak terganggu.

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan fisik dilakukan 33 dokter ahli mulai pemeriksaan penyakit dalam, pemeriksaan jantung, paru-paru, urologi, hingga pemeriksaan fisik lainnya. “Semua kita periksa, jantung, paru-paru, penyakit dalam sampai pemeriksaan fisik,” kata Ichsan.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Alam Malik

Rekomendasi Berita

Baca Juga