Bolehkan Ibu Hamil Konsumsi Durian? Ini Penjelasannya

75
Ilustrasi durian (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Boleh tidak sih ibu hamil makan durian? Jawabannya sih boleh saja. Durian aman kok dikonsumsi oleh ibu hamil selama dalam porsi yang tidak berlebihan. Hingga saat ini, belum ditemukan kasus mengonsumsi durian memberikan efek negatif terhadap kehamilan.

Dilansir dari guesehat. Namun, beberapa penelitian mengatakan kalau komponen yang terkandung dalam durian memiliki efek antioksidan. Selain itu, durian juga bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri, dan antijamur yang justru menguntungkan bagi kehamilan.

Di samping itu, durian juga mengandung banyak serat, sehingga baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada ibu hamil. Durian juga kaya akan zat besi dan mineral lainnya, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga pada durian dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Walaupun memiliki efek yang demikian, durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Jadi jika ibu hamil ada yang menderita diabetes atau memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi, lebih baik menghindari untuk mengonsumsi durian.

Sekarang sudah tahu kan manfaat dari mengonsumsi durian? Jadi durian tetap boleh dikonsumsi oleh ibu hamil bahkan baik untuk janin, tetapi semuanya harus dalam porsinya. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, juga tidak baik. Semoga bermanfaat buat Mums yang ngidam durian.

Editor : Agung Hidayat