Ada Kesamaan Gaya Politik IYL dan Danny di Pilkada

43
Danny dan IYL (Ist)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, MAKASSAR-Pilkada serentak tahun ini telah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan. Meski begitu sebelum itu, proses yang terjadi menyisakan fakta politik yang cukup menarik.

Khusus di Sulawesi Selatan, ada 12 kabupaten kota yang mengikuti Pilkada ditambah Pilgub.

Salah satu daerah yang cukup menarik perhatian masyarakat Sulsel adalah Pilwali Makassar, sebab Kota Makassar disebut-sebut sebagai barometer Pilkada di Sulsel.

Yang sangat menarik untuk disimak adalah gerakan politik walikota petahana, Mohammad Ramdhan Pomanto. Sebab sejumlah fakta politik Danny ada kemiripan dengan kerja-kerja politik calon gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL).

Pertama, Danny Pomanto memilih jalur independen untuk maju di Pilwali, begitu pun dengan IYL, adik Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo itu memilih jalur perseorangan.

Kedua, baik Danny maupun IYL didukung oleh Partai Demokrat meski maju melalui jalur independen.

Ketiga, jika Demokrat setia mendukung Danny maupun IYL, justru PPP kompak meninggalkan keduanya. Pilwali Makassar PPP mengusung Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi, sedangkan di Pilgub Sulsel partai berlambang Kakbah ini mengusung Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo. Padahal sebelumnya PPP kukuh dan menyatakan akan mendukung Danny dan IYL.

Keempat adalah, Danny dan IYL mampu “menyingkirkan” kader potensial partai Demokrat. Danny mampu menyisihkan Sekretaris DPD Demokrat, Syamsu Rizal. Begitupun dengan IYL, mantan bupati Goawa dua periode ini mampu mengalahkan dua kader partai bentukan SBY itu, masing-masing Andi Nurpati dan Aliyah Mustika Ilham.

Kelima, Danny memecahkan rekor karena sebagai petahana pertama yang menempuh jalur independen. Sementara IYL adalah calon gubernur pertama yang mendaftar jalur independen di Indonesia.

Terakhir, baik Danny maupun IYL mengatakan masing-masing dirinya diusung oleh “koalisi rakyat” karena dukungan KTP yang diberikan masyarakat begitu banyak.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya