5 Makanan Sehat untuk Pendirita Asam Lambung

139
  • 1
    Share
Ilustrasi penyakit asam lambung (INT)

SULSELSATU.com – Bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung atau GERD, memilah-milih makanan menjadi sangat penting dan bisa cukup membingungkan. Pasalnya, salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat dan GERD pun kambuh.

Makanan seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih umumnya merupakan pemicu gejala GERD. Gejala penyakit asam lambung bisa berupa mual, muntah, kembung, perut panas, atau makanan kembali naik ke kerongkongan (reflux). Namun, efek setiap makanan juga dapat berbeda pada setiap orang. Guna mengontrol gejala yang mungkin muncul, cobalah untuk lebih memperhatikan makanan apa saja yang dapat menjadi pemicu GERD yang Anda miliki.

Penyakit asam lambung jika dibiarkan dapat sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Bagi anda yang memiliki masalah asam lambung tinggi, anda wajib berhati-hati. Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menetralkan asam lambung.

Ada beberapa makanan yang dapat menetralkan asam lambung. Berikut ini makanan dan minuman yang baik untuk penderita asam lambung yang dilansir dari beritatrendz:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat baik sekali untuk penderita asam lambung dikarenakan minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang naik.

2. Daging ayam

Dagung ayam juga baik untuk penderita asam lambung dikarenakan daging ayam mengandung protein yang baik sekali untuk menurunkan asam lambung. Namun baiknya anda hindari dengan cara menggoreng, memasak dengan cara menggoreng justru akan menyebabkan asam lambung menjadi semakin naik.

3. Teh herbal

Teh herbal merupakan salah satu minuman yang sangat baik sekali untuk kesehatan. Teh herbal dapat menenangkan usus dan mengurangi produksi asam lambung. Dengan demikian, teh herbal sangat baik untuk penderita asam lambung.

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya dikenal sebagai tanaman kecantikan saja, namun juga baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan lambung. Lidah buaya baik untuk menurunkan asam lambung.

5. Susu

Susu juga menjadi salah satu minuman yang baik sekali untuk menderita asam lambung. Susu mengandung kalsium dan mineral alkali yang baik sekali untuk menetralkan asam lambung. Nah, ketika asam lambung naik, anda bisa minum susu untuk menetralkannnya.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga