Besok, Liverpool Kedatangan Pemain Baru dari RB Leipzig

43
Naby Keita (INT)

SULSELSATU.com – Setelah melalui proses transfer yang rumit, RB Leipzig disebut-sebut rela melepas Naby Keita lebih cepat ke Liverpool, tepatnya pada bursa transfer musim dingin 2018. Seperti diberitakan The Express, Sabtu (13/1/2018), Keita akan resmi menjadi pemain Liverpool pada Minggu 14 Januari 2018.

Hal itu karena Liverpool bersedia memberikan 13 juta pounds atau sekira Rp283 miliar tambahan kepada pihak Leipzig. Nominal itu sudah sesuai dengan permintaan kubu Leipzig yang bersedia melepas gelandang berpaspor Guinea itu lebih cepat, asalkan Liverpool memberikan uang tambahan.

Sejatinya Liverpool resmi mengikat Keita pada bursa transfer musim panas 2017. Untuk mendatangkan gelandang berusia 22 tahun itu, The Reds –julukan Liverpool– mengeluarkan 67,5 juta pounds atau setara Rp1,23 triliun.

Namun, mantan pemain RB Salzburg itu tidak langsung dilepas ke Liverpool. Leipzig baru akan melepas Keita pada bursa transfer musim panas 2018. Akan tetapi, karena membutuhkan tenaga Keita untuk mengarungi paruh kedua musim 2017-2018, Liverpool bersedia membayar kompensasi agar sang pemain dapat bergabung lebih cepat.

Tenaga Keita dibutuhkan Liverpool untuk mengisi satu pos dari tiga gelandang yang biasa dimainkan pelatih Jurgen Klopp. Secara gaya permainan, Keita agak berbeda dengan pesepakbola yang baru saja dilepas Liverpool ke Barcelona, Philippe Coutinho.

Secara kasat mata, gaya permainan Keita serupa dengan pesepakbola legenda Liverpool, Steven Gerrard. Selain mobile, Keita dan Gerrard memiliki sepakan keras. Semenjak ditinggalkan Gerrard di akhir musim 2014-2015, Liverpool tak lagi memiliki karakter pemain seperti di atas.

Karena itu, kehadiran Keita diharapkan dapat mendongkrak motivasi, semangat dan kualitas Liverpool. Namun, tenaga Keita hanya dapat dimanfaatkan di Liga Inggris dan Piala FA.

Sementara di Liga Champions, Keita tak dapat memberikan kontribusi kepada Liverpool. Hal itu karena di paruh pertama musim, pesepakbola jebolan akademi Horoya AC itu sudah membela Leipzig, meski akhirnya tim asal Jerman tersebut tersingkir di fase grup.

Editor: Febriansyah