Klub Perserta Piala Presiden Dibolehkan Pakai 6 Pemain Asing

24
Logo piala presiden 2018 (INT)

SULSELSATU.com – Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan, mengatakan ada perubahan regulasi terkait pendaftaran para pemain asing yang akan berlaga di turnamen tersebut.

Kata Berlinton, sebanyak 20 klub peserta Piala Presiden boleh mendaftarkan sekitar enam pemain asing.

Dalam jumpa pers Piala Presiden 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/1/2018), Berlinton Siahaan mengungkapkan bila kelonggaran untuk mendaftarkan pemain asing ini karena banyak tim peserta yang masih berstatus seleksi.

“Dari hasil pertemuan tadi, setiap klub boleh mendaftarkan enam pemain asing dengan kuota 3+1,” kata Berlinton.

Anggota organizing committee, Risha Adi Wijaya, menambahkan bahwa setiap pertandingan yang akan dilakoni oleh klub hanya boleh memainkan empat pemain asing, bukan enam. Hal itu dikarenakan klub-klub peserta perlu melihat bagaimana permainan timnya menyambut kompetisi sesungguhnya.

“Ini saatnya setiap tim untuk melakukan percobaan strategi dan melihat pemainnya termasuk pemain asing. Mereka boleh daftarkan enam pemain asing tetapi yang masuk ke daftar susunan pemain (DSP) itu hanya empat pemain dengan kriteria 3+1,” kata Risha yamg dikutip dari Kompas.com

Tiga itu adalah pemain asing non-asia. Sedangkan satu adalah pemain asing dari anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Para klub peserta Piala Presiden 2018 boleh mendaftarkan 36 pemain untuk berlaga di turnamen tersebut.

Banyaknya jumlah pemain itu dikarenakan ada perwakilan klub Indonesia yang akan berlaga di Piala AFC 2018, yakni Bali United dan Persija Jakarta.

“Jumlah kuota itu ada 36 pemain dikarenakan kami melihat ditakuti adanya ketatnya jadwal antara Piala Presiden dengan Piala AFC,” tuturnya.

“Jadi kan setiap klub sepak bola hanya boleh memasukan 18 nama ke DSP. Artinya jumlah pemain itu bisa dibagi menjadi dua tim,” kata Risha.

Editor: Febriansyah

Berita Terkait