KPU Bisa Anulir Pencalonan Kandidat yang Cacat Medis

60
Ketua KPU Sulsel, Misna M. Attas. (Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akan menggugurkan bakal pasangan calon kepala daerah, gubernur, walikota dan bupati bila terbukti mempunyai cacat medis.

“Berpatokan pada aturan pemilihan, bila ada pasangan calon yang diketahui disabilitas (cacat medis), maka bersangkutan bisa dikategorikan tidak memenuhi syarat,” kata Komisioner KPU Sulsel, Misna M Attas, Sabtu (13/1/2018).

Untuk diketahui, KPU Sulsel akan menerima rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) usai dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel.

Setelah itu, KPU akan menyampaikan hasil pemeriksaan dari tim medis ke pasangan calon bersangkutan dan partai politik.

KPU Bisa Anulir Pencalonan Kandidat yang Cacat Medis 1

Dan bila terbukti memiliki rekam cacat medis, maka KPU akan meminta ke pasangan calon dari partai maupun berorangan untuk mengganti calon tersebut.

“Parpol pengusung bisa merekomendasikan untuk pergantian calon. Pergantian ini di saat masa perbaikan (masa perbaikan syarat calon),” jelas Misna.

Diketahui, keempat pasangan bakal calon yang telah mendaftar kini telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Keempat pasangan kandidat tersebut mengikuti berbagai tes kesehatan, salah satunya tes narkoba.

Rencananya, hasil pemeriksaan kesehatan itu akan diumumkan pada 16 Januari mendatang.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Awang Darmawan

KPU Bisa Anulir Pencalonan Kandidat yang Cacat Medis 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga