KPU Pantang Umumkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Paslon

Ilustrasi KPU. (Foto/Int)
Komisi Pemilihan Umum. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menyatakan informasi tentang hasil pemeriksaan kesehatan, mulai dari uji urin, uji psikotes dan uji kesehatan fisik bersifat rahasia.

Olehnya, pantang bagi KPU untuk menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan selain kepada pasangan calon gubernur, walikota maupun bupati.

“Namanya hasil rekam medis itu bersifat rahasia. Informasi yang dikecualikan. Karena, itu bersangkutan dengan pribadinya atau sakitnya orang. Jadi orang tak perlu diberi tahu,” kata Komisioner KPU Sulsel, Khaerul Mannan, Sabtu (13/1/2018).

Hanya saja, informasi tersebut bisa diketahui publik bila pasangan calon kepala daerah memberi izin untuk diketahui publik.

“Penyakit atau kesehatan pasangan calon boleh diketahui orang lain. Kecuali yang bersangkutan yang menyetujui. Itu sudah kode etiknya,” jelas Khaerul.

Ia pun menegaskan jika informasi soal kondisi kesehatan pasangan calon hanya bisa diketahui oleh dokter dan pihak KPU sebagai penyelenggara Pilkada.

“Hal tersebut merujuk pada Keputusan KPU RI nomor 116 tahun 2016 tentang informasi yang bersifat tertutup bagi pencalonan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,” ujar Khaerul.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Awang Darmawan

Berita Terkait

Komentar :