Pilkada, Musim Panen Bagi Elit Parpol

10
Ilustrasi (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR– Mahar politik sudah menjadi rahasia umum untuk mendapatkan rekomendasi parpol di pilkada. Alasan parpol meminta “tebusan” kepada kandidat untuk digunakan sebagai dana pemenangan di pilkada.

Padahal, keberadaan mahar politik menjadi celah praktik korupsi bagi kandidat jika terpilih kelak. Pasalnya, kandidat yang terpilih juga akan memikirkan bagaimana uang yang “hilang” itu bisa kembali.

Direktur Eksekutif Voxpol Pangi Chaniago menilai, masyarakat harus bisa lebih mempertimbangkan parpol yang sangat ngotot di urusan mahar. Karena mahar menjadi biang kerok korupsi yang selama ini terjadi.

“Kalau kita sisir dari hulu hingga hilir maka bisa dipastikan salah satu faktor masalahnya adalah persoalan mahar. Dan imbasnya adalah tingginya cost politik,” papar Pangi seperti diukutip JawaPos.com, Minggu 14 Januari 2018.

Selain itu, tingginya biaya mahar juga membuat minat menjadi kepala daerah makin menurun. Belum lagi ditambah, biaya atribut, akomodasi relawan hingga ongkos loby-loby. Terbukti, ada 19 daerah yang pilkadanya hanya diikuti oleh calon tunggal.

“Angka 19 terbukti paling besar sepanjang pilkada diselenggarakan. Bisa dikatakan salah satu faktornya adalah mahalnya cost politik di pilkada,’ paparnya.

Pangi juga menjelaskan, mahar biasanya diberlakukan partai apalabila calon kepala daerah yang maju bukan berasal dari kader partainya. Justru yang akan menjadi sasaran adalah para pensiunan polisi, TNI, maupun pengusaha.

“Istilahnya pilkada ini bisa jadi pekan panen bagi pengurus DPW hingga DPP terutama yang berwenang di urusan pilkada,” paparnya.

Lebih lanjut, pangi menyarankan agar publik bisa lebih mengawasi dan melihat persoalan ini dengan bijak. Terutama saat akan memilih atau memberikan suaranya.

“Ingat dalam politik tidak ada makan siang yang gratis, karena itu biasanya calon yang sudah nyetor banyak, pasti diduga bakal mikir balikin juga. ya baiknya jangan dipilih,” pungkasnya.

Editor: Alam Malik

Pilkada, Musim Panen Bagi Elit Parpol 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga