Yuk, Bertransaksi Menggunakan Kode QR

Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penggunaan Kode QR dalam bertransaksi kini mulai marak di kalangan masyarakat. Banyak kelebihan lain yang ditawarkan aplikasi ini untuk memudahkan proses transaksi.

Kode QR merupakan kode batang dengan fungsionalitas utama yaitu dapat mudah dibaca oleh pemindai QR. Dimana QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Wakil Pimpinan Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Makassar, I Made Antara Jawa mengatakan, jika penggunaan kode QR ini akan menggantikan mesin EDC agar lebih efisien.

“Ke depannya QR akan menggantikan mesin EDC untuk efisiensi yang juga menggunakan password personal number,” bebernya kepada sulselsatu.com, Senin (22/1/2018).

Kepala OJK Kantor Regional 6 Sulampua, Zulmi menuturkan, penggunaan Kode QR ini sudah lazim digunakan oleh masyarakat, baik itu memperkenalkan produk dan menyimpan banyak data.

“Karena kode QR mampu menyimpan banyak informasi termasuk bahasa dan lainnya. Sehingga, dengan mengakses kode QR banyak informasi yang diperoleh, orang akan mudah mengambil manfaat,” jelasnya.

Zulmi melihat jika ke depannya kode QR ini menjadi inovasi terbaru dalam melakukan transaksi. Melihat kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini adalah mampu menyimpan lebih banyak informasi dan membagikan secara cepat.

Selain kecepatan respon yang dimiliki, kode QR juga memiliki keamanan dengan sangat baik. Dengan dilengkapi kode khusus, kode QR mampu menjaga kerahasiaan data dalam penggunaannya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan