Sulsel Akan Mengirim 500 Ton Beras ke Palestina

36
Warga Sulsel Sumbang 500 Ton Beras untuk Palestina. (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel menargetkan akan mengirim bantuan beras ke Palestina sebanyak 500 ton. Namun, tercatat hingga saat ini, beras yang dikumpulkan ACT masih belum mencapai 100 ton.

Melihat target yang belum tercapai ACT juga akan meminta bantuan kepada pemerintah Provinsi Sulsel. Secara nasional, beras yang akan dikirim ke Palestina sebesar 10.000 ton beras menggunakan kapal kemanusiaan untuk Palestina, yang direncanakan akan terkumpul pada 10 Februari mendatang.

“Sulsel belum sampai 100 ton tapi ACT menargetkan 500 ton. Untuk mencapai target, kami juga meminta bantuan pemerintah provinsi agar bantuan ini menjadi misi tersendiri dari Sulsel,” tutur Ketua ACT Sulsel, Syahrul Mubaraq, Senin (22/01/2018).

ACT lebih mengutamakan bantuan cash dari masyarakat mengingat efisiensi waktu. Mengapa cash, tutur Syahrul, karena akan lebih memudahkan masyarakat dalam mengirimkan bantuan.

“Dengan bantuan cash ini dari masyarakat, ACT akan membeli beras dari petani yang ada di Sulsel tanpa ada penawaran harga. Kami melakukan ini juga untuk membantu petani. Harganya sebesar Rp14.000 hingga Rp15.000 per kilogram,” ujarnya.

Beras yang dikirim ini, tambah Syahrul, akan mampu menghidupi sebesar 200 ribu kepala keluarga. Beras 10.000 ton tersebut dapat dikomsumsi selama tiga bulan ke depan.

Kapal kemanusiaan untuk Palestina ini akan sampai dalam estimasi waktu hingga 40 hari. Dan, selama itu, ACT telah membuat tiga dapur umum yang dapat memproduksi hingga 3.000 porsi perhari.

“Selain beras, kami juga akan mengirim jaket karena disana sudah musim dingin. Selain itu, ada obat-obatan juga,” katanya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Kink Kusuma Rein

Video Pilihan