Menag Resmikan Gedung Balai Nikah di Takalar

90

SULSELSATU.com, TAKALAR– Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mendandatangani prasasti dua gedung baru Kementrian Agama Takalar di Aula Kanwil Agama Provinsi Sulsel, Kamis (25/1/2017).

Kedua gedung baru tersebut adalah gedung balai nikah dan manasik haji yang terletak di Kecamatan Galesong dan gedung balai nikah dan manasik haji Kecamatan Polongbangkeng Selatan yang dibangun melalui pembiayaan SBSN Tahun Anggaran 2017.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji ini patut disyukuri. Balai nikah sebagai cara Kementerian Agama untuk memberdayakan KUA secara efektif yang banyak tersebar di seluruh Indonesia.

“KUA tidak hanya menjadi balai nikah melainkan juga akan difungsikan lebih baik lagi misalnya sebagai tempat bagi pasangan muda untuk mendapat wawasan yang cukup yang kita kenal dengan bimbingan perkawaninan. Artinya setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan harus mengerti hakikat perkawinan itu. Kita sangat khawatir, angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga terus meningkat dari tahun ke tahun,” jelasnya.

Penandatangan prasasti dua gedung baru di Takalar juga bersamaan dengan 26 prasasti gedung yang sama yang tersebar dibeberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Selain meresmikan sejumlah gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, Menteri Agama juga memberikan arahan dan Pembinaan ASN di lingkup Kementerian Agama Prov. Sulawesi selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pejabat eselon II, III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, Balai Diklat dan Litbang Keagamaan Makassar, UPT Asrama Haji Sudiang Makassar, KakanKemenag Kab/Kota se-Sulsel.

Penulis: Nheny

Editor: Alam Malik