iklan Kareba Parlementa

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa melihat peninggalanya dan cerita sejarahnya.

Ada satu hal yang kerap diabaikan, adalah tentang kerajaan tertua di Nusantara. Untuk mengatakan tentang tuanya suatu kerajaan, tentu didasarkan oleh berbagai penelitian ilmiah yang tentu dengan dukungan penemuan secara arkelogis.

Dari berbagai penelusuran sejumlah sumber yang dapat dipercaya, ternyata terdapat beberapa kerajaan yang berumur tua yang kurang dibahas atau tidak ditampilkan dalam sejarah Indonesia dan dipelajari di sekolah-sekolah.

Berikut ini adalah beberapa kerajaan tertua di Indonesia yang perlu Anda ketahui secara jelas. Dalam berbagai sumber, kebanyakan mengatakan bahwa kerajaan tertua di Nusantara atau Indonesia adalah kerajaan Kutai. Tetapi, ternyata itu tidak terbukti lagi sebagai kerajaan tertua di Indonesia atau Nusantara.

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi)

Kerajaan ini diyakini berdiri sebelum Masehi, mendahului berdirinya kerajaan Moloyou atau Dharmasraya.

Dua tokoh yang sering disebut sebagai raja kerajaan ini adalah Patih dan Tumenggung.

Nenek moyang Lubuk Jambi diyakini berasal dari keturunan waliyullah Raja Iskandar Zulkarnain. Tiga orang putra Iskandar Zulkarnain yang bernama Maharaja Alif, Maharaja Depang dan Maharaja Diraja berpencar mencari daerah baru. Maharaja Alif ke Banda Ruhum, Maharaja Depang ke Bandar Cina dan Maharaja Diraja ke Pulau Emas (Sumatra).

Ketika berlabuh di Pulau Emas, Maharaja Diraja dan rombongannya mendirikan sebuah kerajaan yang dinamakan dengan Kerajaan Kandis yang berlokasi di Bukit Bakar/Bukit Bakau. Daerah ini merupakan daerah yang hijau dan subur yang dikelilingi oleh sungai yang jernih.

2. Kerajaan Salakanagara (130-362 M)

Kerajaan ini adalah kerajaan yang pertama di daerah Jawa Barat yang pernah tercatat oleh sejarah. Salakanagara, berdasarkan Naskah Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara (yang disusun sebuah panitia dengan ketuanya Pangeran Wangsakerta) diperkirakan merupakan kerajaan paling awal yang ada di Nusantara).

Nama ahli dan sejarawan yang membuktikan bahwa tatar Banten memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi, antara lain adalah Husein Djajadiningrat, Tb. H. Achmad, Hasan Mu’arif Ambary, Halwany Michrob dan lain-lainnya. Banyak sudah temuan-temuan mereka disusun dalam tulisan-tulisan, ulasan-ulasan maupun dalam buku. Belum lagi nama-nama seperti John Miksic, Takashi, Atja, Saleh Danasasmita, Yoseph Iskandar, Claude Guillot, Ayatrohaedi, Wishnu Handoko dan lain-lain yang menambah wawasan mengenai Banten menjadi tambah luas dan terbuka dengan karya-karyanya dibuat baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Pendiri Salakanagara, Dewawarman adalah duta keliling, pedagang sekaligus perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang akhirnya menetap karena menikah dengan puteri penghulu setempat.

3.Kerajaan Kutai Martadipura (350-400 M)

Kutai Martadipura adalah kerajaan Hindu di Nusantara yang memiliki sejarah tertua. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur.

Nama Kutai, menurut para ahli, didapat dari ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut.

4. Kerajaan Kanjuruhan (Abad 6 M)

Kerajaan Kanjuruhan adalah kerajaan yang bercorak Hindu di Jawa Timur yang berpusat di Kota Malang. Bukti tertulis dari kerajaan ini adalah Prasasti Dinoyo.

Raja dari Kanjuruhan yang terkenal adalah Raja Gajayana yang mempunyai peninggalan Candi Badud dan Candi Wurung.

5.Kerajaan Sunda (669-1579 M)

Menurut sumber dari naskah Wangsakerta, kerajaan ini merupakan kerajaan yang berdiri menggantikan Kerajaan Tarumanegara.
Kerajaan Sunda didirikan Tarusbawa pada tahun 591 Caka Sunda atau 669 M. Wilayah kerajaan ini meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah.

6. Kerajaan Sekala Brak (Abad 3 M)

Kerajaan Sekala Brak adalah kerajaan yang bercirikan Hindu dan dikenal juga dengan Kerajaan Sekala Brak Hindu. Namun, setelah kedatangan empat empu dari Pagaruyung, kerajaan itu diganti menjadi Kepaksian Sekala Brak.

Letak dari kerajaan ini berada di Gunung Pesagi, Lampung, yang menjadi cikal bakal etnis Lampung saat ini.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Wagub Paparkan Penanganan Covid-19 Bersama Delapan Provinsi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Presiden menginstruksikan untuk memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di delapan provinsi. Dengan harapan, provinsi yang menjadi prioritas dan daerah dengan zona risiko...

VIDEO: Ospek Online Unesa, Videonya Viral

  SULSELSATU.com - Ospek mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara online viral di media sosial. Video tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Demo Germak di Barru Ricuh, 1 Mobil Pecah dan Seorang Polisi Terluka

SULSELSATU.com, BARRU - Demontrasi yang dilakukan Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Germak) Berlangsung Ricuh. Dari pantauan Sulselsatu.com, Kehadiran para demonstrasi ini sebelumnya berangkat dari Makassar, beberapa...

Artikel Lainnya

Lahir 7 Kesepakatan, Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Sulsel Laporkan Hasil Raker ke KPP Pusat

SULSELSATU.com, JAKARTA - Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Sulsel menemui Pengurus...

Jasa Raharja Serahkan Santunan Duka bagi Korban KMP Lestari Maju

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jasa Raharja menyerahkan santunan duka bagi korban dalam...

Buka Kejurnas Bulutangkis di UNM, Menpora Prihatin Kondisi GOR

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tercengang...

Soal Ujian Tingkat SD di Sinjai Mulai Didistribusikan

SULSELSATU.com, SINJAI - Soal Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)...

7 Rayuan Dilan yang Dijamin Bikin Meleleh

SULSELSATU.com - Film Dilan 1990 sontak membuat sosok cowok geng motor...

Terkini

VIDEO: Bikin Heboh, Pria Ini Pakai Ular Sebagai Masker

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang lansia melilitkan ular ke lehernya...

VIDEO: Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)...

Pilkada 2020, DKPP Catat 98 Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencatat sebanyak 98...

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar...

Dit Polairud Polda Sulsel dan Sat Polair Polres Jajaran Siapkan Internet Gratis untuk Belajar Daring

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda, membuat...