Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Luwu Absen di Uji Publik Dapil

images-ads-post

SULSELSATU.com, BELOPA – Uji publik penataan Daerah Pemilihan Pemilu tahun 2019, di Hotel Belia, Belopa, Senin (5/2/2018) tidak dihadiri dua instansi teknis.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Badan Pusat Statistik (BPS) tidak hadir padahal kedua instansi ini sangat penting untuk hadir guna membahas soal kependudukan menjelang pelaksanaan pilkada, pilgub dan pemilu mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Luwu Divisi Teknis, Suhaib mengatakan, semua instansi terkait sudah disurati dan disampaikan terkait rencana kegiatan tersebut. Namun, hanya ada beberapa instansi yang hadir, yakni Kesbangpol, dan BPMD Kabupaten Luwu.

“Biasanya mereka hadir, tapi sampai acara selesai, utusan dari dua instansi tadi tidak hadir, tidak ada juga pemberitahuan alasan ketidakhadinnya,” kata Suhaib.

KPUD Kabupaten Luwu, mengundang seluruh partai politik peserta pemilu, untuk menghadiri uji publik penataan daerah pemilihan. Selain parpol, sejumlah instansi terkait juga turut diundang, diantaranya Kesbangpol, BPS, Dinas Kependudukan, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Azhar Mustamin Toputiri juga menyayangkan tidak hadirnya perwakilan Dinas Kependudukan. Banyak data dan masalah yang perlu dibahas bersama.

“Kita mau meminta data soal kependudukan, tapi disayangkan tidak hadir dari instansi terkait,” kata Azhar.

Penulis: Haswadi
Editor: Awang Darmawan