Merugi Ratusan Juta, Agen Laporkan Abu Tours ke Polisi

368
Athirah, agen Abu Tours asal Sulbar saat melapor di posko pengaduan Polda Sulsel. (Sulselsatu.com/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Seorang ibu asal Provinsi Sulawesi Barat bernama Athirah melaporkan biro perjalanan Abu Tours ke posko pengaduan Polda Sulsel, Selasa (13/2/2018).
Athirah yang mengaku sebagai agen Abu Tours ini menyebut telah merugi hingga ratusan juta rupiah lantaran calon jemaah umrahnya belum diberangkatkan hingga saat ini.

“Untuk sementara (kerugian) yang saya laporkan ini ada Rp 612,5 juta,” kata Athirah.

Warga asal Jalan Jenderal Sudirman, Pronomulyo, Polman, Sulawesi Barat mengatakan, saat ini ada 49 jemaahnya yang berasal dari berbagai daerah belum juga diberangkatkan oleh Abu Tours.

“Saya lapor ke Polda karena sebelumnya kami dijanji akan diberangkatkan Januari dan Februari tahun 2018 ini, tapi terus direschedule,” kata Athirah.

Athirah juga mengaku keberatan terhadap keputusan atau maklumat yang dikeluarkan oleh pihak Abu Tours terkait jemaah yang batal diberangkatkan. Dalam maklumat itu, setiap jemaah diminta untuk memberikan tambahan biaya sebesar Rp 6 juta dan merekrut 2 jemaah baru.

Athirah pun menuntut Abu Tours untuk segera memberangkat jemaah umrah yang telah menyetorkan uangnya. Jika tidak, ia menuntut agar pihak Abu Tours mengembalikan uang jemaah.

Sekadar diketahui, hingga kini Polda telah menerima laporan dari 77 jemaah terkait ketidakjelasan jadwal keberangkatan 16 ribu jemaah umrah Abu Tours. Untuk menangani laporan tersebut, Polda menurunkan sedikitnya 20 penyidik khusus untuk melakukan penyelidikan atas masalah ini.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan