Bagikan KIP dan Dana PKH di Gowa, Ini Pesan Jokowi

158
Presiden Jokowi memberikan sambutan diselah pembagian KIP dan dana PKH di Gowa, Kamis (15/2/2018) (Foto: Nias/Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, GOWA– Kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo bersama Hj. Iriana Joko Widodo disambut riuh penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Kabupaten Gowa. Kamis (15/2/2018).

Joko Widodo yang didampingi menteri Sosial Idrus Marham dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo tiba di Gowa dalam rangka pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Pembagian kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

Dalam sambutannya, presiden yang akrab disapa Jokowi ini menghimbau kepada penerima PKH agar mempergunakan bantuannya untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Ibu-ibu kartu ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, untuk beli beras, lauk, sayur, kalau untuk beli rokok buat bapak boleh gak ibu-ibu? tanya Jokowi dengan nada bercanda.

Lanjut Jokowi, Ia juga menghimbau anak-anak penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar mempergunakan uang yang diterimanya dengan sebaik-baiknya.

“Kalau beli buku boleh ga ? Beli seragam sekolah juga boleh, yang penting jangan dipakai beli pulsa itu yang gak boleh, kalau ketahuan dipakai beli pulsa nanti kita batalkan bantuannya,” lanjutnya.

Bantuan PKH dan KIP dibagikan dalam bentuk non-tunai atau dalam bentuk kartu untuk penerima KIP SD, dana yang diberikan sebanyak 450.000, untuk SMP Rp. 750.000, sementara SMA/SMK sebanyak Rp. 1.000.000.

Selain penerima PKH dan KIP, sebanyak 300 orang penerima sertifikasi juga dihadirkan. Guru penerima sertifikasi menerima satu kali gaji dari gaji pokok yang diterima.

Seperti kedatangannya didaerah lain, kedatangan Jokowi di kabupaten Gowa juga kuis dengan menyebutkan nama-nama ikan, 7 nama suku di Indonesia, dan menghafal Pancasila. Untuk peserta yang berhasil menjawab mendapatkan satu buah sepeda dari Presiden Jokowi.

Peserta PKH yang hadir dibagikan sembako berupa beras, minyak goreng, teh, gula pasir, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

Penulis: Nheny
Editor: Alam Malik