Kampanye Dihelat, Lima Komisoner KPU Sidrap Disidang DKPP

Lima komisioner KPU Sidrap menjalani sidang DKPP di Bawaslu Sulsel, Kamis 15 Februari 2018. (Sulselsatu/Esa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Kamis (15/2/2018).

Sidang tersebut soal dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. Dugaan pelanggaran karena KPU Sidrap telah meloloskan bakal pasangan calon Bupati Sidrap, Dollah Mando-Mahmud Yusuf sebagai peserta pemilihan bupati tanpa adanya surat keterangan pailit dari Pengadilan Negeri Tata Niaga Surabaya.

Adapun sidang berlangsung di Kantor Bawaslu Sulsel. Hadir memimpin sidang anggota DKPP RI, Prof Muhammad.

Berikut, dari pihak teradu dihadiri oleh lima komisioner KPU Sidrap yakni Dahlia sebagai ketua, Alimuddin Baharuddin, Muslimin, Mansyur dan Abdul Haris. Selain itu, hadir pula pihak pengadu Rusli Kaseng.

Usai sidang, DKPP melalui Prof Muhammad menyampaikan tahapan sidang perdana ini untuk mengumpulkan bukti-bukti.

“Penyampaian aduan dari pengadu dan menerima keberatan, sanggahan dan jawaban dari teradu, dan para pihak saksi (Panwaslu). Kami akan menilai kebutuhan untuk menentukan fakta yang lebih dalam lagi. Melalui sidang kedua,” kata Muhammad.

Dari hasil ini pun, DKPP belum menerbitkan putusan. Dalam sidang kedua pihaknya akan memanggil pihak yang terlibat dalam penerbitan keterangan tidak pailit maupun pengirim dokumen keterangan tersebut.

“Ada kepentingan untuk membuka sidang kedua. Sidang kedua dengan menghadirkan pihak JNE, dan mengecek surat keterangan pailit,” tambahnya.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Alam Malik