Siswa SD Ini Jatuh Sakit Setelah Konsumsi Permen H&Y

52

SULSELSATU.com, YOGYAKARTA – Raya Ramadhani, siswa SDN 2 Jetis tak menyangka permen imut-imut yang ia makan membuatnya jatuh sakit. Ia adalah salah satu dari belasan siswa yang kena gejala keracunan usai memakan permen bermerk H&Y.

Peristiwa keracunan ini terjadi pada Rabu (14/2) pagi. Para siswa mendapatkan permen sebagai hadiah dari mahasiswa KKN yang tengah praktik ngajar.

“Rasa permennya manis. Enak. Pas permen habis ga ngerasain apa-apa. Tapi pas udah lama lagi belajar kok saya merasa mual,” kata siswa kelas 4 SD ini di SDN 2 Jetis Kota Yogyakarta, Kamis (15/02).

Tak lama kemudian, Raya mulai merasa kepalanya pusing dan pandangannya kabur dan memutar. Ia juga kesulitan bernafas. Akhirnya ia minta izin ke UKS.

“Tapi lama-kelamaan dada saya tambah sesek,” beber Raya dikutip dari merahputih.

Rasa sesak nafas dan mual juga dirasakan Dipa Sabrina (10). Satu jam usai selesai makan permen, Dipa merasa dadanya sesak dan perutnya sakit.

“Perut mules, terus saya ngerasa mual mau muntah. Saya langsung pergi ke UKS,” kata Dipa.

Keduanya mengaku belum sarapan pagi saat pergi ke sekolah. Mereka berdua jarang jajan di luar sekolah. Biasanya mereka jajan di Kantin sekolah atau bawa bekal dari rumah. “Kapok saya makan permen dan jajan di luar,” tutur keduanya.

Pihak sekolah berusaha menetralkan racun dengan meminumkan air kelapa ke seluruh siswa. Namun kondisi mereka tidak membaik. Akhirnya delapan siswa di bawa ke Puskesmas Jetis.

Beruntung tim medis memberi pertolongan dan obat-obatan yang tepat. Seluruh siswa sdauh sehat dan hari ini sudah kembali bersekolah.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Belasan Siswa SDN 2 Jetis Yogyakarta Keracunan Usai Emut Permen.

Editor : Agung Hidayat