Waspada, Ini Titik Rawan Banjir di Makassar

109
Banjir di Makassar. (Sulselsatu.com/Moh. Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada pada curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Makassar, Rusli mengatakan, kendati hujan tidak disertai dengan air pasang, pihaknya tetap mengajak masyarakat untuk mengantisipasi datangnya banjir besar.

Apalagi, wilayah seperti Tamalanrea, Biringkanayya, Manggala, Rappocini dan Panakkukang merupakan titik-titik langganan banjir ketika hujan mengguyur Kota Makassar.

“Kita sudah siapkan tim reaksi cepat di setiap kecamatan. Mereka ini nantinya akan mengevakuasi korban banjir. Tapi kita berdoa semoga hujan kali ini tidak sampai mengakibatkan banjir,” katanya , Kamis (15/2/2018).

Lebih lanjut, Rusli juga mengajak warga untuk menerapkan Gerakan Bersihkan Solonganta. Sebab, bukan hanya air pasang yang bisa mengakibatkan air hujan, sumbatan sampah, lumpur dan ketinggian sedimen pada selokan-selokan warga menjadi salah satu penyebab banjir ketika hujan.

“Satgas sama tim reaksi cepat hanya seberapa jumlahnya. Kuncinya ada sama masyarakat kita. Melalui pemberitaan di media massa kita mengajak masyarakat untuk rajin membersihkan selokan di sekitar tempat tinggalnya,” imbuhnya.

Diketahui, selain mengevakuasi korban, tim reaksi cepat yang dibentuk pemkot juga menyiapkan makanan dan selimut bagi korban banjir.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan