Kemensos Salurkan Bantuan Bagi Warga Longsor Maliwowo Luwu Timur

Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sosial bagi korban tanah longsor di Desa Maliwowo Kecamatan Angkona, Kamis (15/02/2018). (IST)

SULSELSATU.com, MALILI – Tim Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sosial bagi korban tanah longsor di Desa Maliwowo Kecamatan Angkona, yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Kantor Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kamis (15/02/2018).

Tim ini dipimpin Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial, Sunarti.

Penyerahan santunan ini diberikan langsung oleh Sunarti kepada perwakilan ahli waris korban meninggal dunia.

Penyerahan bantuan ini juga disaksikan oleh Bupati Luwu Timur Thorig Husler dan Wakil Bupati Irwan Bachri Syam, Kabid Banjamsos Dinsos Sulsel Sabaruddin, Kadis Sosial Sukarti, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur Muh. Zabur, Camat Angkona Amran Akmal, dan Kepala Desa Maliwowo Hasdar serta tokoh masyarakat.

Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial, Sunarti mengatakan, bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban tanah longsor.

Ia juga menyebutkan, bahwa santunan yang diberikan sebesar Rp 160 juta kepada ahli waris bagi anggota keluarganya yang meninggal dan korban luka-luka.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan, bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi para korban tanah longsor. Apalagi, bencana longsor yang terjadi Jumat 12 Mei 2017 lalu yang diakibatkan curah hujan yang tinggi telah merusak beberapa rumah warga hingga ada yang rata dengan tanah.

“Mari kita ambil hikmah dari bencana ini dengan menjaga lingkungan kita dan tetap waspada jika curah hujan tinggi,” katanya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan, bahwa sebagian wilayah Kabupaten Luwu Timur memang rawan bencana. Untuk itu, warga diminta tanggap terhadap situasi di wilayahnya dan aktif melaporkan jika ada situasi darurat di wilayahnya masing-masing.

“Mewakili masyarakat kami, saya menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Kementerian Sosial, sehingga bantuan ini disalurkan,” tutup Husler.

Editor: Awang Darmawan