iklan Kareba Parlementa

Fahri Hamzah: Sohibul Adalah Pemimpin Partai yang Gagal

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden PKS M. Sohibul Iman (MSI) kembali menyinggung posisi Fahri Hamzah di kursi pimpinan DPR. DPP PKS melalui fraksinya di DPR terus mendesak pimpinan DPR agar mencopot Fahri dari kursi Wakil Ketua DPR.

Menurut Sohibul, jabatan Fahri sebagai pimpinan DPR merupakan hak Fraksi PKS. Dengan demikian, fraksi berwenang melakukan penarikan terhadap yang bersangkutan.

Merespons hal itu, Fahri tak tinggal diam. Ia menilai apa yang dilakukan Sohibul dengan berkoar-koar terkait posisinya, tidak menguntungkan partai.

“Apapun manuver yang dilakukan presiden PKS M. Shohibul Iman, sudah tidak akan menguntungkan partai. Dia telah menjadi beban partai dan kadernya. Maka sebaiknya ia segera mundur mumpung belum terlambat,” ucap Fahri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/3).

Fahri berpendapat, Sohibul adalah pemimpin partai yang gagal. Karena di bawah kepemimpinannya, citra partai terkesan tidak patuh hukum. Pernyataan Fahri ini didasarkan pada tetap ngototnya PKS untuk mendongkel Fahri dari pimpinan DPR dan PKS.

Padahal, dua kali keputusan pengadilan memenangkan gugatan Fahri atas keputusan DPP PKS.

“Cara MSI memimpin PKS dan mengelola konflik gagal total. Masak mereka telah dinyatakan salah 2 kali oleh pengadilan negara. Seharusnya yang terbukti bersalah yang minta maaf. Bukan malah mengembangkan wacana yg menunjukkan seolah PKS adalah partai yang tidak taat hukum. Hancurlah citranya,” kata dia dikutip dari kumparan.

Selain itu, keputusan-keputusan Sohibul selama memimpin partai juga merugikan partai. Fahri mengungkit keputusan PKS yang blunder salah satunya di Pilgub Jawa Barat.

“Sekarang, PKS telah kehilangan basis lamanya Jawa Barat dari gubernur kehilangan Deddy Mizwar, Sumut dari gubernur tak punya calon kader, dari Maluku Utara pecah, dan lain-lain. Ini akan berakibat buruk bagi pemilu legislatif yang akan datang. Maka, untuk keselamatan PKS, Sohibul Iman, mundurlah,” tandas Fahri.

Perseteruan Fahri dan PKS dimulai pada 1 April 2016, ketika Majelis Tahkim PKS memutuskan memecat Fahri dari seluruh jenjang jabatan di kepartaian. Pada 1 April 2016, Presiden PKS Sohibul Iman menandatangani SK DPP terkait keputusan Majelis Tahkim tersebut.

Pemecatan itu juga berimbas pada statusnya sebagai anggota DPR dan Wakil Ketua DPR. Namun, Fahri tidak terima dan melawan lewat jalur hukum.Dalam gugatannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Fahri menuntut PKS membayar ganti rugi materiil Rp 1,6 juta dan imateriil senilai lebih dari Rp 500 miliar.

Mereka yang digugat adalah Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Dewan Syariah Surahman Hidayat, Wakil Ketua Dewan Syuro Hidayat Nur Wahid, Abdul Muis dan Abi Sumaid. Fahri juga menuntut PKS untuk mengembalikan nama baiknya.

Akhirnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memenangkan sebagian gugatan Fahri.

Semua putusan dari DPP PKS dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum. Fahri terhitung masih sah sebagai kader PKS, anggota DPR dan Wakil Ketua DPR.

Majelis hakim juga memerintahkan tergugat membayar ganti rugi imateril sebesar Rp 30 miliar.

DPP PKS kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). PKS menganggap pemecatan Fahri di internal partai sudah final. Hingga kini, Fahri tetap tidak dianggap sebagai kader PKS.

Editor: Agung Hidayat

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Detik-detik Perampok Emas di Somba Opu Makassar

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan aksi perampokan di Toko Emas, Jalan Sumba Opu, Kota Makassar, Rabu (28/10). Aksinya tersebut terekam CCTV dan viral di media...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Herwin-Mustar Kembali Tarung di Pilkada Banggai Usai Menangkan Gugatan di PT-TUN

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Majelis Hakim  Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN)...

Artikel Lainnya

NGERI! Ular Piton Telan Manusia di Mamuju Utara

SULSELSATU.com, MAMUJU UTARA - Masyarakat Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara Sulawesi Barat...

7 Brimob Tertembak Diserang oleh Kelompok Kriminal di Jayapura

SULSELSATU.com, JAYAPURA - Tindakan kriminal terjadi lagi di Tembagapura, sehari setelah...

VIDEO: Diduga “Masuk Angin”, Ratusan Massa Demo Panwaslu Palopo

SULSELSATU.com, PALOPO - Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Peduli Demokrasi...

PM Malaysia Isyaratkan Hubungan dengan China Bakal Terus Berlanjut

SULSELSATU.com, JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (92) telah memberikan...

Anggota DPRD Makassar Ini Bentuk Tim Gammarana Demi Menangkan Danny-Indira

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota DPRD Makassar Fraksi Demokrat, Fatma Wahyuddin, menyatakan...

Terkini

VIDEO: Baru Menikah 3 Hari, Sang Suami Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

SULSELSATU.com - Sebuah video memilukan seorang wanita ditinggal oleh suaminya selamanya. Pasangan...

Dukung Anir-Lutfi, Ini Alasan Warga Pangkep Ingin Dipimpin Perempuan

SULSELSATU.com, PANGKEP - Warga pulau Sarappo Lompo dan Sarappo Caddi, Pangkep,...

Amson Tinjau RSUD Pongtiku dan BPBD Toraja Utara

SULSELSATU.com, RANTEPAO - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Toraja Utara, Amson Padolo,...

Aksi Kemanusiaan, 20 Ambulans Baru NasDem Siap Bantu Warga Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Partai NasDem membuktikan komitmennya untuk menyiapkan pengganti satu...

VIDEO: Warga Tunggangi dan Terbang Dengan Layangan Raksasa di Yogyakarta

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan sekumpulan orang tengah asik bermain layang-layang...