Rencana Rehabilitasi Putra Wakil Bupati Maros Tak Hentikan Ancaman Pidana

263
Anak kandung Wakil Bupati Maros, Harmil Mattorang, Arjab Ajib Mattotorang (kedua dari kiri) ditangkap Direktorat Narkoba Polda Sulsel terkait penyalahgunaan narkoba. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Putra wakil bupati Maros, Arjab Ajib (32) yang ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel pekan lalu akan menjalani rehabilitasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka, Makassar.

Dari hasil gelar perkara, Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan mengatakan, hingga saat ini hasil pemeriksaan Arjab Ajib hanya sebagai pengguna bukan pengedar.

Terbukti, kata Eka, ditemukan barang bukti sisa sabu yang di kantong celana Arjab Ajib. Ia menilai, Arjab Ajibh tergolong pemakai narkoba berat.

Bahkan pengakuan anak sulung Wakil Bupati Maros, Harmil Mattotorang itu sudah mengonsumsi sabu se’jak lima tahun terakhir. Ia bahkan sudah pernah direhab mandiri oleh keluarganya, akan tetapi kembali mengonsumsi sabu.

“Dia hanya pengguna berat. untuk rawat inap atau jalan kita lihat hasil assesment. Kita akan bersurat ke BNN. Selain direhab, perkaranya juga tetap lanjut, ” tegas dia.

Meski direhab, Arjab Ajib pun tetap dijerat pasal 112 ayat 1 dan Jo 127. Sementara dalam ayat 1 Pasal 112 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, disebutkan bahwa setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan denda paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp8 miliar.

Sedangkan junto (Jo) pasal 127 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika mengatakan bahwa setiap penyalah guna narkotika golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun. Kemudian, pengguna narkotika Golongan II bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun.

Sebelumnya, Subdit II Ditres Narkoba Polda Sulsel menangkap Arjab Ajib bersama tiga orang rekannya yakni, masing-masing berinisial YB (36) ASN Pemkab Maros, H alias E (25) wiraswasta dan HH (31) pegawai Bandara Sultan Hasanuddin.

Mereka diketahui ditangkap di rumah kosong di Jalan Cemara, Kecamatan Turikale, Maros, Selasa (6/3) lalu. Dari pengembangan polisi juga berhasil menangkap pemasok untuk Arjab Ajib yakni Rauf Topan di Jalan Teuku Umar, Makassar. Dari Tangan pelaku ditemukan 20 gram paket sabu siap edar.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga