Musrembang Pemkot Didominasi Usulan Pembangunan Infrastruktur

69
  • 1
    Share
Musrembang tingkat kota Makassar di salah satu hotel Jalan AP Pettarani, Selasa (13/3/2018). (Sulselsatu.com/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Penrencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menyebut Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) yang diadakan tahun ini masih didominasi usulan pembangunan infrastruktur.

Kepala Bappeda Kota Makassar, Hadijah Iriani mengatakan, setiap tahun pihaknya menerima ribuan usulan pembangunan mulai dari tingkat RT hingga kecamatan.

Dari usulan tersebut, Iriani menyebut akan membuat skala prioritas yang sejalan dengan RPJMD Kota Makassar.

“Usulan yang masuk ke kita ribuan, kebanyakan usulan infrastruktur,” kata Iriani usai pembukaan Musrembang tingkat pemerintah kota di salah satu hotel Jalan AP Pettarani, Selasa (13/3/2018).

Kendati demikian, lanjut Iriani, inti dari pembangunan suatu daerah tidak harus melihat dari banyaknya pembangunan fisik. Pemerintah harus memahami pembangunan non fisik seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Setiap musrembang yang diusulkan selalu fisik. Ini yang harus kita ubah, saya kira masyarakat sudah mengerti bahwa kebutuhan mereka ada pada pelayanan non fisik. Bagaimana kesehatannya, kualitas pendidikannya dan lain-lain,” ujarnya

Lebih lanjut, dia menyebut, pembangunan fisik tidak akan berfungsi dengan baik apabila tidak dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusianya.

“Buat apa pembangunan fisik kalau masyarakat kita tidak cerdas,” tutup Iriani.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga