Debat Kandidat, Warga Bisa Bandingkan Mana Kandidat yang Terbaik

83
Aswar Hasan
Aswar Hasan. (Sulselsatu/Kink Kusuman Rein)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel dijadwalkan akan menggelar Debat Kandidat pasangan calon Gubernur Sulsel, 28 Maret mendatang.

Debat kandidat diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat dan menilai kandidat mana yang akan didukung pada pilgub Sulsel, Juni mendatang.

Hanya saja, saat ini seluruh kandidat telah massif melalukan sosialisasi dan telah memiliki massa pendukung fanatik di setiap daerah. Lantas berapa besar pengaruh Debat Kandidat terhadap perolehan suara kandidat?

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Aswar Hasan mengungkapkan, debat kandidat sangat penting dilakukan agar ada referensi bagi calon pemilih yang hingga saat ini belum menentukan pilihan.

“Itu juga untuk mempengaruhi opini masyarakat, apakah akan meninggalkan calon atau tetap memilih calon yang sejak awal diminati,” kata Aswar, kepada Sulselsatu.com, Rabu, (14/3/2018).

Yang terpenting, kata Aswar, debat kandidat sangat penting untuk mengecek kapasitas intelektual kandidat dalam penguasaan visi misi dan program kerja yang telah dicanakangkan.

“Itu adalah momentum untuk membandingkan calon yang satu dentan calin yang lain dalam aspek penguasaan visi misi,” katanya

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Alam Malik

iklan-sulselsatu-jeneponto