KPU Palopo Uji Publik Daftar Pemilih

60
KPU Palopo menggelar uji publik data pemilih. (Sulselsatu/Herianto)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, PALOPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, menggelar uji publik penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) data dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palopo tahun 2018 di Hotel Mulia Indah Palopo, Selasa (13/03/18).

Hal tersebut membahas masalah data kependudukan dan data pemilih sebagai cikal bakal DPS atau Daftar Pemilih Sementara Pilwali Kota Palopo yang belum melakukan perekaman atau belum memperoleh E-KTP.

Ketua KPU Palopo Haedar Djidar, KPU membuka ruang Uji Publik sebagai bagian dari transparansi kinerja KPU pada masyarakat yang punya kepentingan terkait suksesnya penyelenggaraan Pilwali Palopo.

“Uji Publik yang kami laksanakan ini, sesuai PKPU No 2 Tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Walikota yang akan datang,” kata Haedar.

Ketua KPU juga menyampaikan hasil Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) model AB2-KWK yang telah diplenokan di setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Palopo, begitupun hasil AC2-KWK yakni jumlah daftar pemilih yang berKTP non elektronik.

Sementara itu Kadisdukcapil, Akram Risa, mengatakan, hingga saat ini dari 114 ribu wajib E-KTP, masih ada sekitar 6.502 belum melakukan perekaman.

“Data ini, berasal dari input data yang mana ujung tombaknya berasal dari kelurahan masing masing,” ungkap Akram.

Uji Publik tersebut turut dihadiri oleh TNI Polri, Kesbangpol Kota Palopo, Kadisdukcapil, Tim LO masing-masing Paslon Walikota dan Gubernur, Camat, Lurah, serta Anggota PPK dan PPS se-Kota Palopo.

Penulis : Herianto
Editor: Alam Malik

iklan-sulselsatu-jeneponto