Kodim 1426 Takalar Salurkan Hasil Serapan Gabah Petani ke Bulog

Kodim 1426 Takalar salurkan serapan gabah petani ke Bulog Subdrive Takalar (Sulselsatu/Nheny)

SULSELSATU.com, TAKALAR – Kodim 1426 Takalar mendistribusikan hasil serapan gabah dalam bentuk beras dari petani ke Bulog Subdivre Takalar, di Makodim 1426, Jalan Fitrah, Takalar, Jumat (23/3/2018).

Dandim 1426 Takalar, Letkol Inf Ardi Sukatri mengatakan, beras yang didistribusikan merupakan hasil dari serapan gabah petani yang saat ini sedang dalam masa panen.

Tujuannya kata Ardi, agar membantu Bulog dalam menstabilkan ketersediaan pangan dan menambah pasokan pangan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

“Ini berdasarkan kesepakatan perjanjian kerjasama dengan Menteri Pertanian untuk menstabilkan pangan dan menjadi stok cadangan pangan khususnya di Kabupaten Takalar,” kata Ardi.

Tahun ini, target gabah yang diserap dari petani oleh Kodim 1426 sebanyak 7 ribu ton, di mana pada musim panen Oktober-Maret (bulan ini) ditargetkan sebanyak 4,6 ribu ton yang mampu diserap. Sisanya akan diserap pada musim tanam berikutnya.

“Kenapa musim tanam ini lebih banyak yang diserap dibandingkan dengan musim tanam berikutnya karena sebagian sawah itu tadah hujan sehingga tidak semua sawah bisa ditanami padi kembali,” tambahnya.

Untuk penyaluran perdana ini, Kodim 1426 Takalar menyalurkan sebanyak 50 ton untuk beras serapan ke Bulog Subdivre Takalar.

Penulis: Nheny
Editor: Hendra Wijaya