Disnaker Makassar Klaim Job Fair Tekan Angka Pengangguran

Ilustrasi (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar mengklaim jumlah pengangguran di wilayah Sulawesi Selatan pada 2018 lalu berkurang 7 ribu orang.

Penurunan diklaim Disnaker karena adanya pembukaan Job Fair di Kota Makassar pada Januari 2018 yang dilaksanakan di Gedung CCC. Saat ini angka pengangguran di Sulsel masih sebesar 64.954 orang.

“Secara terperinci, pengangguran yang paling besar mengalami penurunan terdiri dari Luwu Utara, Luwu Timur, Soppeng, Palopo, dan Makassar. Makassar adalah daerah yang mengalami penurunan pengangguran terendah dari kabupaten/kota lainnya. Tapi, yang penting tetap saja mengalami penurunan,” kata Kepala Disnaker Makassar, Irwan Bangsawan, Selasa, (26/3/2018).

Dia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Disnaker Pemprov untuk menekan angka pengangguran ini. Tahun ini diagendakan, Pemkot akan melakukan Job Fair sebanyak empat kali.

Menurutnya, pengangguran di Kota Makassar sebesar 7.325 dari total pengangguran Sulsel. Khusus untuk Makassar, pada Job Fair yang digelar Januari lalu berhasil menekan angka pengangguran sebanyak 450 orang.

“Job Fair selanjutnya akan menggandeng kurang lebih 100 perusahaan yang terdiri dari perbankan, perhotelan, asuransi dan masih banyak yang lain,” pungkasnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya