Perkuat Kualitas Data Kesehatan, Ini yang Dilakukan Diskes Sinjai

21
Pelatihan dan pembinaan penguatan kapasitas pengelola Sistem Pencatatan Pelaporan Tingkat Puskesmas (SP2TP) (Ist)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, SINJAI – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan dan pembinaan penguatan kapasitas pengelolan sistem pencatatan pelaporan tingkat puskesmas di Hotel Rofina mulai 16-19 April 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Andi Suryanto Asapa mengatakan, pencatatan dan pelaporan adalah indikator utama dari keberhasilan suatu kegiatan. Tanpa pencatatan dan pelaporan, maka kegiatan atau program apapun yang dilaksanakan tidak akan terlihat wujudnya.

“Jadi data dan informasi ini merupakan sebuah unsur terpenting dalam sebuah organisasi, sebab data dan informasilah yang berbicara tentang keberhasilan atau perkembangan organisasi tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu kata dia, sistem informasi kesehatan harus mampu menyediakan data dan informasi yang lengkap, akurat serta tepat waktu sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan.

“Dari setiap proses manajemen kesehatan, itu semua kita harus miliki dalam memberikan informasi kesehatan,” terangnya.

Ketua Panitia Kegiatan sekaligus Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Diskes Sinjai, Fatmawati Sembang mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar semua pengelola SP2TP mampu memberikan data yang akurat sesuai dengan hasil kegiatan Puskesmas.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya