Komunitas TDA Makassar Gelar Pesta Wirausaha Oktober Mendatang

61
General Manager Pesta Wirausaha Makassar 2018, Ikrar saat bertandang ke redaksi Sulselsatu.com, Senin (16/4/2018). (Sulselsatu/Sri Wahyudi Astuti)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komunitas wirausaha Tangan di Atas (TDA) Makassar bakal menggelar Pesta Wirausaha Makassar 2018 pada Oktober mendatang. Ajang dua tahunan ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan di Makassar.

General Manager Pesta Wirahausaha 2018, Ikrar mengatakan, ajang ini merupakan wadah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Makassar untuk mempromosikan produk usaha mereka. Even ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 20-21 Oktober mendatang di Celebes Convention Center.

“Akan ada 100 booth bazar yang disiapkan bagi para pengusaha di Makassar,” kata Ikrar, saat bertandang ke redaksi Sulselsatu.com, Senin (16/4/2018).

Ia menjelaskan, ajang Pesta Wirausaha ini juga digelar sebagai medium promosi kepada pelaku UMKM di Makassar, terutama bagi wirausaha yang tergabung dalam komunitas TDA Makassar. Even ini juga sekaligus untuk meningkatkan animo masyarakat agar mau berwirausaha.

“Kita menargetkan ada 5.000 pengunjung yang hadir dalam Pesta Wirausaha kali ini setelah di Pesta Wirausaha sebelumnya kita menembus angka 1.000 pengunjung,” ujar Ikrar.

Selain bazaar, akan ada seminar kewirausahaan dengan menghadirkan sejumlah pengusaha sukses asal Makassar sebagai pembicara. Di samping itu, kata Ikrar, panitia juga telah menyiapkan berbagai kegiatan pra even untuk memeriahkan Pesta Wirausaha 2018 ini.

Seperti, Womenpreneur Day yang bakal diselenggarakan pada 1 Mei mendatang di Hotel SwissBell Inn Makasaar dan ToT Wirausaha yang rencananya dilaksanakan secara bergilir di 15 perguruan tinggi di Makassar.

“Bulan ini akan ada 5 kampus yang akan kita datangi untuk menggelar ToT wirausaha ini. Peserta berasal dari dosen yang selama ini banyak mengajarkan tentang kewirausahaan di kampus,” kata Ikrar.

TDA sendiri merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia dan tersebar di 61 kota besar di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, komunitas ini juga terdapat di empat negara lain, yakni Mesir, Singapura, Hongkong dan Malaysia.

Di Sulsel, komunitas TDA hadir di Kota Makassar, Luwu Raya, Palopo, Parepare dan Bulukumba dan wilayah Jeneponto, Takalar dan Gowa (Jentago).

Ikrar menjelaskan, saat ini ada 200 lebih pengusaha yang menjadi anggota TDA Makassar. Menariknya, para anggota ini didominasi oleh kalangan anak muda.

“Selain mengadakan sharing session untuk berbagai inspirasi wirausaha, kita juga sering melakukan kegiatan sosial lewat program TDA Peduli,” katanya.

Editor: Awang Darmawan