Bupati Soppeng Buka Pembekalan Penanganan Kegawatdaruratan Dinas Kesehatan

Bupati Soppeng Kaswadi Razak menunjukkan armada Public Safety Center (Ist)
images-ads-post

SULSELSATU.com, SOPPENG – Bupati Soppeng A. Kaswadi Razak, membuka kegiatan Pembekalan Penanganan Kegawatdaruratan tenaga kesehatan di Gedung Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Rabu (18/4/2018).

Kaswadi Razak dalam sambutannya mengatakan, salah satu visi Kabupaten Soppeng yakni pemerintah yang melayani bermakna bahwa dalam lima tahun kedepan, kehadiran pemerintah akan semakin signifikan dalam melayani rakyatnya hingga terealisasi kemajuan bagi daerah ini sekaligus menjadi pilar utama pembangunan Sulsel.

Untuk mewujudkan visi tersebut kata Kaswadi, maka ada tujuh misi yang akan ditempuh, di mana pada misi nomor enam yakni menjamin ketersediaan sistem pelayanan kesehatan unggul dan murah.

“Fokus dari misi ini adalah upaya umum dalam perbaikan pelayanan kesehatan,” kata Kaswadi.

Ini juga sejalan dengan visi Ditjen Bina Upaya Kesehatan 2014-2019, salah satu target yang harus dicapai adalah akses pelayanan kesehatan yang terjangkau, upaya penguatan akses pelayanan kesehatan antara lain dengan cara sistem Penanggulangan Gawat Darurat (SPGT) yang bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan.

Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center) PSC 119 saat ini telah beroperasi dan mempunyai 5 unit ambulans di posko kabupaten dan 5 unit kendaraan roda 2 yang siap 24 jam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Rencananya, tahun ini akan ada penambahan 9 unit ambulans dan 8 unit kendaraan roda 2 yang akan di fokuskan untuk mendukung pelayanan kegawatdaruratan di 8 kecamatan.

“Berdasarkan peraturan Bupati Soppeng tentang UPTD Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (PSC) 119 Soppeng terdapat tenaga yang bertugas di kantor PSC 119 dan terdapat juga kordinator yang ditempatkan di 8 kecamatan se-Kabupaten Soppeng,” tambahnya.

Penulis: Sehan
Editor: Hendra Wijaya