iklan Kareba Parlementa

3 Manfaat Kedelai untuk Diet, Dijamin Ampuh

Iklan Humas SulSel

SUSELSATU.com – Jangan anggap remeh manfaat dari kedelai. Mengonsumsi bahan pangan yang biasa ditemui dalam rupa tahu dan tempe ini mampu mencegah kenaikan berat badan.

Menurut ahli kedelai dari Institut Pertanian Bogor, Prof. DR. Ir. Made Astawan, komponen-komponen di dalam kedelai tak hanya membantu memenuhi asupan gizi tapi juga membantu mencegah kenaikan berat badan.

Made menjelaskan kedelai mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat kompleks dengan tingkat indeks glikemik rendah. Lalu, di dalam kedelai juga terkandung serat pangan, isoflavon, antioksidan, dan komponen bioaktif lainnya.

Lalu, komponen apa dari kedelai yang membantu mencegah kenaikan berat badan?

1. Serat pangan

“Serat pangan itu tidak dapat dicerna, di mulut enggak bisa dicerna, di usus enggak bisa dicerna, di lambung juga tidak di bisa dicerna. Karena tidak bisa dicerna akan membuat lambung terasa penuh, sehingga orang tersebut tidak mudah merasa lapar, membuat perasaan kenyang,” kata Made dalam temu media bersama Soyjoy di Jakarta pada Rabu (25/4/2018).

Perasaan kenyang tersebut, tentu saja membuat keinginan untuk makan berlebih jadi berkurang. Hal tersebut yang membuat berat badan jadi tak mudah naik.

2. Isoflavon

Made mengungkapkan salah satu keunggulan kedelai dibandingkan kacang-kacangan lain adalah kandungan isoflavon.

“Kehadiran isoflavon mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan obesitas karena berperan sebagai antioksidan,” katanya.

3. Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan kecepatan makanan dalam menaikkan gula darah. Dan, kedelai masuk dalam bahan pangan dengan IG rendah di angka 16.

“Mengonsumsi bahan pangan dengan IG rendah akan membuat rasa kenyang, juga akan mengganggu metabolisme lemak, serta menjaga kadar glukosa darah tetap stabil,” kata pria yang juga dosen di Fakultas Teknologi Pertanian IPB ini.

Namun, tentu saja untuk menjaga atau menurunkan berat badan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Iringi juga dengan mengatur pola makan dan banyak bergerak seperti disampaikan Made.

Di Taiwan, orang-orang setempat, kata Made, begitu menggemari stinky tofu. Walau aroma makanan yang biasa digoreng atau direbus itu busuk tapi digemari banyak orang.

Orang-orang Jepang juga termasuk penikmat makanan berbahan kedelai. Mulai dari olahan kedelai tradisional sampai yang modern.

“Ada miso sup, minuman kedelai, natto (fermentasi kedelai dengan Bacillus subtilis). Itu yang tradisional. Yang modern sudah ada soy extract di sana,” kata Made.

Bagi masyarakat Indonesia, tentu bahan pangan bersumber kedelai sudah tak asing lagi. Tempe dan tahu adalah makanan yang biasa kita santap sehari-sehari baik sebagai lauk atau campuran bahan pangan lain.

Kinim juga sudah ada camilan berbentuk bar dengan bahan tepung kedelai. Dengan pengolahan seperti ini jadi mudah dibawa untuk menjadi camilan.

“Kedelai itu IG-nya rendah, 16. Jadi, produk-produk yang dibuat dengan kedelai cenderung memiliki IG rendah, kecuali yang ditambah gula tinggi,” katanya.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Jayadi Nas, Iqbal Suhaeb, Aslam Patonangi Ditunjuk Jadi Pjs Bupati

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengaku akan mengukuhkan Penjabat sementara (Pjs) Bupati untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang kembali maju...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sedang Diet! Hindari Sarapan Pisang

SULSELSATU.com - Ladies yang sedang melakukan program diet, entan sudah sukses...

Artikel Lainnya

Sumarsono Ajak Perangi Hoax

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Peredaran hoax atau pemberitaan palsu semakin meresahkan masyarakat....

Stok Raskin di Jeneponto Aman Hingga 8 Bulan ke Depan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bulog Jeneponto menjamin stok beras miskin (raskin) masih...

Oknum Kades Intimidasi Warga Ciderai Demokrasi di Bone

SULSELSATU.com, BONE - Pengamat Politik Bone, Adil Shevatriadi, menyesalkan adanya sejumlah...

Dipermalukan Home United, Persija Gagal ke Final Piala AFC

SULSELSATU.com, JAKARTA - Persija Jakarta tersingkir dari pentas Piala AFC 2018....

Bikin Merinding! Sosok Kuntilanak Teror Penghuni Apartemen

SULSELSATU.com, JOHOR BAHRU - Ketakutan meliputi warga yang menghuni bangunan apartemen...

Terkini

Didampingi Legislator PKS, None Pastikan Bakal Kurangi Beban Emak-emak

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo,...

VIDEO: Viral, Pasutri Ini Gunakan Mobil Untuk Pergi Ngamen

SULSELSATU.com - Pasangan suami istri di Kota Mempawah, Kalimantan Barat menggunakan...

Jabat Pjs Bupati Torut, Amson: Suatu Kebanggaan Bagi Saya dan Keluarga

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Sulsel,...

VIDEO: Salut, Prajurit TNI Patungan Bantu Biaya Persalinan Seorang Ibu di NTT

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan sejumlah anggota TNI membantu keluarga yang...

Hari Pertama Kampanye, Fatma Kembali Serukan Pilkada Bermartabat

SULSELSATU.COM, MAKASSAR - Kampanye perdana calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati...