iklan Kareba Parlementa

3 Manfaat Kedelai untuk Diet, Dijamin Ampuh

Iklan Humas SulSel

SUSELSATU.com – Jangan anggap remeh manfaat dari kedelai. Mengonsumsi bahan pangan yang biasa ditemui dalam rupa tahu dan tempe ini mampu mencegah kenaikan berat badan.

Menurut ahli kedelai dari Institut Pertanian Bogor, Prof. DR. Ir. Made Astawan, komponen-komponen di dalam kedelai tak hanya membantu memenuhi asupan gizi tapi juga membantu mencegah kenaikan berat badan.

Made menjelaskan kedelai mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat kompleks dengan tingkat indeks glikemik rendah. Lalu, di dalam kedelai juga terkandung serat pangan, isoflavon, antioksidan, dan komponen bioaktif lainnya.

Lalu, komponen apa dari kedelai yang membantu mencegah kenaikan berat badan?

1. Serat pangan

“Serat pangan itu tidak dapat dicerna, di mulut enggak bisa dicerna, di usus enggak bisa dicerna, di lambung juga tidak di bisa dicerna. Karena tidak bisa dicerna akan membuat lambung terasa penuh, sehingga orang tersebut tidak mudah merasa lapar, membuat perasaan kenyang,” kata Made dalam temu media bersama Soyjoy di Jakarta pada Rabu (25/4/2018).

Perasaan kenyang tersebut, tentu saja membuat keinginan untuk makan berlebih jadi berkurang. Hal tersebut yang membuat berat badan jadi tak mudah naik.

2. Isoflavon

Made mengungkapkan salah satu keunggulan kedelai dibandingkan kacang-kacangan lain adalah kandungan isoflavon.

“Kehadiran isoflavon mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan obesitas karena berperan sebagai antioksidan,” katanya.

3. Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan kecepatan makanan dalam menaikkan gula darah. Dan, kedelai masuk dalam bahan pangan dengan IG rendah di angka 16.

“Mengonsumsi bahan pangan dengan IG rendah akan membuat rasa kenyang, juga akan mengganggu metabolisme lemak, serta menjaga kadar glukosa darah tetap stabil,” kata pria yang juga dosen di Fakultas Teknologi Pertanian IPB ini.

Namun, tentu saja untuk menjaga atau menurunkan berat badan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Iringi juga dengan mengatur pola makan dan banyak bergerak seperti disampaikan Made.

Di Taiwan, orang-orang setempat, kata Made, begitu menggemari stinky tofu. Walau aroma makanan yang biasa digoreng atau direbus itu busuk tapi digemari banyak orang.

Orang-orang Jepang juga termasuk penikmat makanan berbahan kedelai. Mulai dari olahan kedelai tradisional sampai yang modern.

“Ada miso sup, minuman kedelai, natto (fermentasi kedelai dengan Bacillus subtilis). Itu yang tradisional. Yang modern sudah ada soy extract di sana,” kata Made.

Bagi masyarakat Indonesia, tentu bahan pangan bersumber kedelai sudah tak asing lagi. Tempe dan tahu adalah makanan yang biasa kita santap sehari-sehari baik sebagai lauk atau campuran bahan pangan lain.

Kinim juga sudah ada camilan berbentuk bar dengan bahan tepung kedelai. Dengan pengolahan seperti ini jadi mudah dibawa untuk menjadi camilan.

“Kedelai itu IG-nya rendah, 16. Jadi, produk-produk yang dibuat dengan kedelai cenderung memiliki IG rendah, kecuali yang ditambah gula tinggi,” katanya.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sedang Diet! Hindari Sarapan Pisang

SULSELSATU.com - Ladies yang sedang melakukan program diet, entan sudah sukses...

Artikel Lainnya

Lantik Pejabat Fungsional, Sumarsono Minta Guru Jadi Penyambung Lidah Pemerintah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono, melantik sebanyak 104 Pejabat...

Pengumuman PPDB SMAN 1-8 Pangkep Jalur Afirmasi dan Akademik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 Dinas...

PT. Conch Barru Cement Pekerjakan TKA Ilegal

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelaksana tugas Bupati Barru, Suardi Saleh mengakui keberadaan...

Olahraga Otak Ini Bikin Anda Lebih Cerdas

SULSELSATU.com - Selain bermanfaat untuk tubuh, olahraga juga dapat membantu mengasah...

Partai Pendatang Baru Ikut Tentukan Dukungan di Pilgub

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Partai politik pendatang baru, mulai melakukan manuver dengan...

Terkini

VIDEO: Banjir Pujian, Pramugari Tayamun dan Salat di Pesawat

SULSELSATU.com - Momen seorang pramugari yang sedang menunaikan ibada salat di...

VIDEO: Ketahuan Bawa Kabur Pacar, Pria Ini Dihukum Kepala di Bawah Kaki di Atas

SULSELSATU.com - Seorang pria dihukum gantung kepala di bawah kaki di...

Alasan Kemanusian, RMS Minta Pembakar Ambulans NasDem Dibebaskan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aksi unjuk rasa menolak UU Omnisbus Law di...

Majelis Taklim Tallo dan Bontoala Galang Dukungan untuk ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komunitas ibu-ibu majelis taklim tak hanya sebatas memberikan...

VIDEO: Detik-detik Perahu Terbalik di Danau Cikoncang Lebak, 3 Wisatawan Tewas

SULSELSATU.com - Perahu wisata di Objek Wisata Danau Cikoncang, Kabupaten Lebak...