Indahnya Mengawali Ramadan di Hari yang Sama

90
iqbal parewangi
Anggota DPD RI - MPR RI asal Sulsel, AM Iqbal Parewangi bersama sejumlah pimpinan Ormas Islam di Sulsel, pada RDP 4 Konsensus MPR RI yang diinisiasi Iqbal, di Menara Phinisi UNM beberapa waktu lalu. Mereka di antaranya, Prof Ambo Asse (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel), Dr Rahmat Abd Rahman (Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah), Abubakar Wasahua (Ketua DPW Persaudaraan Muslim Indonesia Sulsel), Prof Ahmad Sewang (Ketua DPP IMMIM), Dr Muchlis DP (Dewan Penasehat KB PII Sulsel), dan Hasid Hasan Palogai (Ketua DPW BKPRMI Sulsel). (IST)

SULSELSATU.com – Berbeda memang bukan berarti berpecah atau tidak bersatu. Malah ada yang menyebut perbedaan membawa rahmat, meski itu bukan hadits.

Tapi kalau bisa bersatu dalam kebersamaan, kenapa mesti harus berbeda.

Insya Allah umat Islam Indonesia akan bersatu dalam kebersamaan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1439 H.

Setiap kali seperti itu terjadi, dimana hisab dan rukyat menyatu dalam kebersamaan, terutama dalam mengawali puasa Ramadan serta menyambut hari raya Ied Fitri dan Ied Adha, tidak dapat dipungkiri bangkitnya ghirah yang syahdu. Asa terasa plong. Syiar tidak mengalir setengah-setengah. Ummat tidak seperti harus malu pada diri sendiri.

Sebaliknya jika berbeda. Sekali lagi, itu bukan berarti berpecah atau tidak bersatu. Tetapi, yang jelas, ada rasa kurang nyaman. Setiap kali muncul perbedaan hari datangnya Ramadan, Ied Fitri maupun Ied Adha, saya seperti merasa ada pihak yang tertawa jumawa. Menertawakan kita. Dan rasa itu sungguh tidak enak.

Maka, datangnya Ramadan 1439 H Insya Allah kita awali di hari yang sama, itu sungguh membahagiakan. Baru membayangkan saja taraweh pertama dan puasa pertama di hari yang sama, senangnya sudah selangit.

Bukan tidak penting belajar memaknai perbedaan, karena itu akan mendewasakan siapa saja. Tetapi persatuan lebih utama, demi kebangkitan ummat khususnya.

Selamat menikmati indahnya bersatu dalam kebersamaan. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Mohon maaf lahir dan bathin.

AM Iqbal Parewangi
Senator RI asal Sulsel.
Anggota Komite III DPD RI membidangi pendidikan, keagamaan, kesehatan, ekonomi kreatif, dll.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai...

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Baca Juga