Survey NH- Aziz Melejit, Kabar Buruk Bagi IYL- Cakka dan Prof Andalan

1317
  • 1
    Share
Empat kontestan Pilgub Sulsel. (dok Sulselsatu.com)
Empat kontestan Pilgub Sulsel. (dok Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Lembaga survey Centre for Strategic and International Studies (CSIS) baru saja merilis hasil surveynya. Hasilnya, pasangan Nurdin Halid- Aziz Qahhar Mudzakkar unggul jauh dari tiga pasangan kandidat yang lain.

Bahkan, NH- Aziz diunggulkan 10 persen di atas pasangan Nurdin Abdullah- Sudirman Sulaiman, Ichsan Yasin Limpo- Andi Mudzakkar, dan Agus Arifin Nu’mang- Tanribali Lamo. Apakah itu bisa dipercaya?

Direktur Insert Institut Muh Aris mengatakan, tak usah memperdebatkan kebenaran hasil survey itu. Ia mengatakan, pilihan masyarakat masih sangat dinamis dua bulan menjelang Pilgub Sulsel. Pergeseran pilihan masih sangat memungkinkan terjadi, apalagi angka pemilih mengambang masih sangat tinggi.

“Survey itu benar dan tak usah diperdebatkan karena bisa saja lembaga survey yang lain turun ke lapangan, hasilnya akan beda dan itu memungkinkan terjadi,” kata Aris kepada Sulselsatu.com, Rabu 16 Mei 2018.

Ia mengatakan, hasil survey CSIS itu sebagai pesan bahwa NH- Aziz bekerja keras. Dalam survey sebelumnya, jagoan Partai Golkar, NasDem, PKB, Hanura, dan PKPI itu selalu berada di peringkat ketiga di bawah IYL- Cakka dan Prof Andalan.

“Hasil survey ini bisa sebagai indikasi bahwa NH- Aziz bekerja keras selama beberapa bulan terakhir dan hasilnya ada, dan tiga kandidat lain harus waspada dengan menyiapkan strategi untuk menghentikan trend itu,” ungkap Aris.

Aris menegaskan, pemenang Pilgub masih sangat sulit diprediksi. B Baik NH- Aziz, Prof Andalan dan IYL- Cakka juga memiliki peluang yang sama dengan angka kemenangan di bawah 35 persen.

“Pak Agus- TBL yang relatif paling kecil peluang menangnya,” kata Aris.

Penulis: Ashrawi Muin
Editor: Alam Malik