Dapat Bantuan HPV dari Kemenkes, 24.279 Anak di Makassar Akan Divaksin

Vaksin HPV (Int)
images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar mendapat bantuan vaksin virus serviks (Human Pailloma Virus) dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, Makassar dan Manado terpilih mendapat bantuan vaksin gratis setelah DKI Jakarta.

Sasaran vaksin ini adalah murid Sekolah Dasar (SD) kelas lima dan anak perempuan tidak sekolah seusia anak kelas lima SD.

Menurut Naisyah, anak usia kelas lima sekolah dasar belum terpapar virus serviks, sehingga di usia tersebut perempuan sudah memiliki benteng pertahanan untuk menghalau virus mematikan itu.

“Bantuan ini akan dimulai pada Oktober nanti, alhamdulillah Makassar terpilih oleh kementerian karena melihat tingkat imunisasi di Makassar terbilang tinggi,” ujar Naisyah di Kantor Balai Kota Makassar, Selasa (22/5/2018).

Naisyah mengatakan, sebanyak 24.279 anak nantinya akan diberikan vaksin HPV gratis. Pemeberian tersebut akan dilakukan di 46 puskesmas yang tersebar di Kota Makassar.

“Ini gratis, vaksin HPV ini mahal loh biayanya, 1 kali vaksin biayanya bisa mencapai Rp1,2 juta. Ini menjadi berkah untuk kita di Kota Makassar sebab terpilih diantara puluhan kota-kota lainnya,” ucap Naisyah

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Hendra Wijaya