Pasca Insiden KM Arista, Sumarsono Imbau Pengusaha Angkutan Laut Pentingkan Keselamatan

51
  • 1
    Share
Jasa Raharja
Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono melepas 560 pemudik gratis bareng BUMN di Jalan Metro Tanjung Bunga, Senin (11/6/2018). (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasca terjadinya insiden KM Arista, Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mengimbau pengusaha jasa transportasi laut untuk lebih memperhatikan faktor-faktor keselamatan.

Soni, sapaan akrabnya mengatakan untuk mencegah hal serupa kembali terjadi, maka pemerintah akan meningkatkan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan edukasi.

“Faktor yang penting adalah edukasi, memberikan penjelasan kepada masyarakat nelayan pengguna perahu, pemilik perahu dan seterusnya. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait mengenai keselamatan penumpang dan keselamatan berlayar, ini yang harus terus dilakukan kepada mereka,” ujar Sumarsono Kamis, (14/06/2018).

Menurutnya, terkadang nelayan atau pengusaha jasa laut tidak memiliki hitungan kapasitas penumpang. Belum lagi jika pelayaran tersebut tidak terdaftar secara resmi.

“Inikan tidak terdaftar dan tidak ada manifest penumpang, karena bukan kapal penumpang lewat jalur yang resmi. Hal ini yang menyulitkan posisi dalam rangka penganggulangan keselamatan penumpang. Setelah kejadian baru kita kalang kabut siapa nama dan siapa yang dicari,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Pasca Insiden KM Arista, Sumarsono Imbau Pengusaha Angkutan Laut Pentingkan Keselamatan 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga