Gus Ipul Sebut Pergantian Wakilnya Jadi Penyebab Kalah di Pilgub Jatim

123
  • 1
    Share
Gus Ipul

SULSELSATU.com – Calon Gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai kekalahannya di Pilgub Jawa Timur 2018 berdasarkan hasil hitung cepat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Ia menyebut, dinamika politik yang tinggi hingga kesalahan-kesalahan di luar dugaan terjadi sejak awal pencalonannya.

“Jatim dinamikanya tinggi masyarakat ingin perubahan-perubahan yang baru, ini saya belum bisa memastikan sebab utamanya,” ujar Gus Ipul di kediamannya, Rabu (27/6).

Selain itu, faktor lain yang membuatnya kalah karena terganggu dinamika penentuan calon wakil gubernur. Cawagub Gus Ipul awalnya adalah Bupati Banyuwangi, Azwar Anas. Namun, kemudian diganti oleh Puti Guntur Soekarno keponakan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Waktu start harus menentukan wakil. Di detik-detik terakhir tidak sesuai rencana semula. Tapi kita hormati sebagai bagian proses demokrasi,” ungkapnya dikutip dari kumparan.

Kendati demikian, pihaknya telah menerima apa pun hasil dari Pilgub Jatim, termasuk kekalahannya. Ia menganggap, pilgub kali ini adalah pelajaran yang berharga bagi karier politiknya selama ini.

Gus Ipul sempat malang melintang di perpolitikan tanah air, pernah menjadi menteri, kemudian menjadi Wakil Gubernur Jatim selama dua periode.

“Apa pun hasilnya kita terima, ini bagian dari perjalanan politik saya, ini biasa dalam politik. Kita siap menang siap kalah apa pun hasilnya kita terima,” pungkasnya.

Editor : Agung Hidayat

Gus Ipul Sebut Pergantian Wakilnya Jadi Penyebab Kalah di Pilgub Jatim 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga