5 Manfaat Oli Lavender untuk Kesehatan

29
  • 2
    Shares
Oil Lavender

SULSELSATU.com – Memiliki wangi yang lembut, lavender oil tidak hanya bermanfaat untuk aromaterapi. Minyak dari bunga berwarna ungu ini kini juga digunakan untuk perawatan kesehatan kulit dan rambut.

Rupanya, memang ada segudang manfaat kecantikan di balik lavender oil. Seperti di bawah ini:

1. Mengurangi Rambut Rontok

Ada dua alasan kenapa lavender oil dapat membantu mengurangi rambut rontok. Yang pertama adalah lavender oil memberikan efek relaksasi, sehingga membantu mengurangi insomnia, stres, anxiety, serta depresi yang menjadi faktor utama rambut rontok.

Nah, alasan kedua adalah lavender oil membantu menstimulasi sirkulasi darah, apalagi jika kamu mengaplikasikan lavender oil sambil memijat kulit kepala yang dapat mengoptimalkan sirkulasi darah dan mempercepat pertumbuhan rambut baru.

2. Mengatasi Ketombe

Selain membantu mengurangi rambut rontok, lavender oil juga terbukti dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit kepala, termasuk ketombe. Umumnya, rambut berketombe akan diikuti dengan rasa gatal.

Nah, lavender oil dapat membantu meredakan rasa gatal sekaligus mengatasi ketombe. Hal ini berkat khasiat anti-inflamasi dan anti-fungal yang terkandung dalam lavender oil, sehingga mampu mengatasi penyebab ketombe. Selain itu, lavender oil juga bisa dimanfaatkan sebagai conditioner untuk rambut yang lebih berkilau, lho!

3. Dapat Digunakan Sebagai Toner untuk Merawat Kulit

Jika kamu memiliki lavender oil di rumah, kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat toner sendiri, lho! Caranya, cukup campurkan 1-2 tetes lavender oil ke dalam toner yang sudah kamu miliki atau rose water, lalu simpan ke dalam botol spray untuk digunakan setiap selesai mandi atau saat kamu ingin menyegarkan wajah.

Selain menyegarkan, lavender oil juga akan membantu merawat, mengencangkan, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga wajah akan tampak segar dan sehat.

4. Membantu Mengatasi Jerawat

Menurut hasil studi dermatologis, minyak lavender memiliki kemampuan untuk membantu menyembuhkan jerawat. Bahkan, lavender oil menjadi salah satu essential oil yang paling kaya manfaat di antara minyak esensial lainnya.

Minyak lavender memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antiseptik, sehingga akan membunuh bakteri yang terdapat pada jerawat. Selain itu, minyak lavender juga akan membantu mengontrol produksi minyak, dan membantu menyembuhkan luka bekas jerawat. kamu hanya perlu untuk menotolkan minyak lavender pada area yang berjerawat.

5. Detoksifikasi Kulit

Terpapar dengan polusi dan kotoran hampir setiap harinya, tentu kesehatan kulit kamu dapat terancam menurun. Belum lagi masalah-masalah kulit yang hadir seperti kulit kusam dan tanda-tanda penuaan.

Nah, untuk memberikan perlindungan pada kulit, kamu bisa memanfaatkan minyak lavender, lho! Kaya akan anti-oksidan, minyak lavender akan menangkal dan melawan polutan tersebut, sehingga menjaga agar kulit tetap terawat dan meminimalisir dampak negatif dari polusi serta kotoran.

Untuk menggunakannya, kamu bisa memilih produk dengan kandungan minyak lavender, atau menambahkan 1 tetes minyak lavender ke dalam pelembap kamu.

Editor: Agung Hidayat