Kutukan Juara Piala Dunia, Kali Ini Jerman Jadi Korban

110
  • 3
    Shares
Jerman
Jerman tersingkir dari Piala Dunia usai kalah dari Korea Selatan dengan skor 2-0 (int)

SULSELSATU.com – Jerman secara mengejutkan takluk dari tim asia Korea Selatan dalam laga pamungkas Grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rabu (27/6/2018) WITA. Skornya cukup telak. 2-0. Dengan hasil mengenaskan itu, Der Panzer-julukan Jerman terdepak dari Piala Dunia 2018. Sang juara bertahan gagal lolos ke 16 besar. Bahkan mereka menjadi juru kunci grup.

Banyak yang mengaitkan kegagalan Jerman ini merupakan kutukan mengerikan yang didapatkan juara bertahan Piala Dunia. Kutukan ini bermula sejak 1998. Ya, sejak saat itu, juara dunia selalu sulit lolos fase grup dalam piala dunia selanjutnya. Kini Jerman merasakannya.

Kutukan juara bertahan ini dimulai oleh Prancis yang menjadi juara pada Piala Dunia 1998, empat tahun kemudian Les Bleus gagal lolos dari fase grup.

Pada 2006 Brasil berhasil mematahkan kutukan itu dengan lolos dari fase grup meski pada akhirnya mereka tersingkir di babak perempat final.

Kutukan kembali muncul pada gelaran 2010. Ketika Italia sebagai juara bertahan terdepak di penyisihan grup. Di tahun ini, Spanyol keluar sebagai kampiun.

Empat tahun kemudian, pada Piala Dunia 2014, Spanyol melanjutkan tren buruk juara bertahan dengan terdepak di fase grup. Dan, kini Jerman kembali terkena kutukan tersebut setelah tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018.

Dengan gagalnya Jerman lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018, sudah empat juara bertahan yang gagal lolos dalam lima edisi Piala Dunia terakhir.

Buat Jerman sendiri hasil ini mengulang tragedi yang pernah mereka alami pada 80 tahun lalu, tepatnya di Piala Dunia 1938. Ketika itu mereka juga tak mampu lolos dari babak fase grup.

Editor: Febriansyah