Alasan Prof Andalan Menang di Pilgub

197
  • 2
    Shares
Whatsapp Image 2018 06 27 At 16.52.41
Calon gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat di tengah kerumunan pendukungnya yang merayakan kemenangan di Pilgub berdasarkan hasil hitung cepat. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasangan calon gubernur Sulsel nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) berhasil unggul telak dari tiga rivalnya di Pilgub Sulsel, Rabu (27/6/2018).

Berdasarkan data hasil hitung cepat yang dirilis Celebes Research Center (CRC) survei pasangan prof Andalan memperoleh 43,18 persen suara, unggul jauh dari pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar (NH-Aziz) di peringkat kedua dengan 26,67 persen.

Sementara di urutan ketiga, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memperoleh 20,7 persen suara, sementara Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) di posisi buncit dengan 9,45 persen suara.

Pengamat politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono mengungkapkan, kemenangan Prof Andalan tidak terlepas dari militansi dari seluruh tim yang telah terbentuk sebelumnya.

Selain itu, lanjut Arief, selama tahapan Pilgub berlangsung, imej calon gubernur Nurdin Abdullah tetap terjaga sebagai figur yang bersih dan baik.

“Saya melihat kemenangan Prof Andalan adalah konsistensi imej yang terjaga serta militansi tim relawan yang selama ini telah mensosialisasikan figur kandidat dengan baik,” kata Arief, kepada Sulselsatu.com, Kamis (28/6/2018).

Meski begitu, lanjut Arief, masih sangat memungkinkan terjadi perbedaan hasil antara quick count dan real count yang dilakukan KPU, meski tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil.

“Tapi kemenangannya masih sementara versi quick count ya, karena masih harus menunggu hasil rekap KPU,” ucapnya.

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Awang Darmawan

Alasan Prof Andalan Menang di Pilgub 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga