Aneh, Panwaslu Temukan 33 Kotak Suara Rusak di Jeneponto

3940
  • 908
    Shares
Img 20180628 224751
Ketua Panwaslu Jeneponto, Saiful memberikan keterangan pers soal penemuan kotak suara rusak di Kecamatan Tamalatea. (Sulselsatu/Dedi)

SULSELSATU.com,JENEPONTO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Jeneponto menemukan 33 kotak suara rusak di Kecamatan Tamalatea.

“Berdasarkan informasi dari jajaran Panwascam bahwa ada beberapa kotak suara yang ditemukan di Kecamatan Tamalatea itu terbuka segelnya,” kata Ketua Panwaslu Jeneponto, Saiful, Kamis malam (28/6/2018).

Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya pun langsung ke lokasi untuk mengecek informasi dan ditemukan ada puluhan kotak suara yang segelnya rusak.

“Kami bersama teman teman turun melihat di PPK Tamalatea dan faktanya ada 33 kotak suara yang segelnya sudah dirusak. Ini sementara kita telusuri apa motif pembukaan kotak suara tersebut,” ujarnya.

Padahal, secara aturan kotak suara yang sudah tersegel dilarang dibuka oleh siapapun. Kalaupun harus dibuka, maka wajib disaksikan panita pengawas.

“Tapi faktanya di Tamalatea ini tidak dihadiri atau tidak ada koordinasi dengan panwas maupun saksi pasangan calon bupati,” bebernya.

Atas masalah ini, pihaknya mengundang sejumlah KPPS, PPK Tamalatea untuk dimintai klarifikasi di sekretariat Panwaslu Jeneponto.

“Kami mengundang mereka untuk meminta klarifikasi. Jika hasil penelusuran kami terbukti, maka itu masuk pelanggaran Pasal 193 ayat 6 ancaman pidanaya 1 tahun,” pungkasnya.

Penulis: Dedi
Editor: Hendra Wijaya