Temukan Pemilih Ganda, Panwaslu Minta KPU Barru Pemilihan Ulang di TPS 9

176
  • 26
    Shares
Pilkada
Ilustrasi (Int)

SULSELSATU.com, BARRU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kabupaten Barru menemukan pelanggaran pada pemilihan gubernur dan wakil Gubernur Sulsel di TPS 9, Lingkungan Mattirowalie, Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru.

Ketua Panwaslu Barru, Muhammad Nur Alim kepada Sulselsatu.com mengatakan, pihaknya merekomendasikan KPU Barru untuk dilakukan pemilihan ulang di TPS tersebut.

“Kami temukan ada pelanggaran. Hasil temuan kami adanya pemilih yang melakukan pencoblosan dua kali (ganda) pada TPS yang sama,” kata Nur Alim, Jumat (29/6/2018).

Dia menganggap, bentuk pelanggaran pemilih ini tercantum dalam pasal UU Nomor 10 pasal 122 ayat 2 Huruf D dan PKPU No. 8 Pasal 59 Huruf D yang menyatakan apabila ditemukan pemilih ganda pada TPS yang sama atau di TPS yang berbeda, maka wajib dilakukan pemilihan ulang.

“Setelah kami melakukan investigasi, alasan dari pemilih ini karena mewakili orang tuanya, hal inilah yang kami anggap pelanggaran yang harus dilakukan pemilihan ulang,” terang Nur Alim

Hingga saat ini, pihaknya menunggu hasil rapat pleno KPU Barru. Untuk TPS 9 sendiri total daftar pemilih tetap sebanyak 304 pemilih yang terdiri dari laki-laki 142 orang dan perempuan 162 orang.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga