Ruang Rapat Sekprov Sulsel Disulap Jadi Desk Pilkada

43
  • 4
    Shares
Img 20180629 Wa0023
Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono melakukan pemantauan pilkada serentak melalui desk pilkada. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ada yang berbeda dari ruang rapat Sekprov Sulsel. Ruangan ini berubah fungsi menjadi desk pilkada. Di sinilah semua aktivitas pilkada se-Sulsel dipantau.

Pada Jumat, (29/6/2018) sekitar pukul 00.05 WITA, Kantor Gubernur yang biasanya sepi masih terdapat aktivitas kegiatan pemerintahan. Terlihat petugas Satpol PP berkeliling memantau sementara di ruangan sekprov masih terdapat 7 orang yang beraktivitas.

Nampak beberapa petugas mencatat perolehan suara sementara yang diperoleh dari data KPU Sulsel, yang lainnya memantau beberapa tayangan berita nasional dan lokal yang menayangkan berita perolehan sementara dari pencoblosan pada Pilkada Serentak yang dilaksanakan puncaknya pada, Rabu (27/6/2018) lalu.

Malam itu juga masih terlihat pula Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambarala yang juga merupakan Sekretaris Desk Pilkada Serentak Sulsel 2018.

Hadirnya desk ini diharapkan mampu memberikan informasi komprehensif pada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya serta pemprov dapat melakukan pemantauan pelaksanaan pilkada di Sulsel, menginventarisir dan mengantisipasi munculnya permasalahan.

Selain itu, desk ini juga melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan serta pelaksanaan pilkada secara berjenjang dan melaporkannya rutin setiap hari.

“Desk ini bekerja dan bertujuan untuk memantau pergerakan suara pasangan calon, terrmasuk isu-isu yang ada,” kata Ambarala.

Desk ini kata dia, informasinya terupdate setiap jam. “Setiap jam kita melaporkan pergerakan suara,” katanya.

Data yang diperoleh yaitu data dari desk Pilkada yang ada di daerah dan data dari tim Pemantau Pilkada Serentak Kemendagri Sulsel. Data tersebut kemudian dicocokan dengan data KPU Sulsel. Setelah itu, laporan Pilgub, Pilbup dan Pilwalkot disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Desk Pilkada ini kalau di pusat melekat di Dirjen Otonomi Daerah, kalau di Provinsi di Biro Pemerintahan,” kata dia.

Desk ini diisi oleh pelaksana OPD yang berkaitan langsung dengan pilkada selama 24 jam dengan cara bergantian.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Ruang Rapat Sekprov Sulsel Disulap Jadi Desk Pilkada 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga