Jokowi Undang Pemimpin Korut-Korsel ke Pembukaan Asian Games 2018

  • 6
    Shares
Kim Jong-un dan Moon Jae-in (Foto: dailycaller.com)

SULSELSATU.com – Indonesia mengajak dua pemimpin Korea turut hadir selama gelaran Asian Games 2018. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan undangan kepada Presiden Moon Jae-in (Korea Selatan) dan Kim Jong-un (Korea Utara) agar keduanya berkunjung ke Indonesia selama pesta olahraga Asia tersebut.

Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan Presiden Joko Widodo ingin mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menghadiri Asian Games 2018 pada Agustus nanti.

“Jadi Presiden memang berkeinginan mengundang kedua pimpinan menghadiri pembukaan Asian Games 2018. Keinginan itu dijajaki Kementerian Luar Negeri,” kata Johan yang dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (28/6/2018).

Ia menuturkan keinginan itu kini masih dalam tahap pembahasan diplomatis antara Kementerian Luar Negeri melalui kedutaan besar masing-masing negara, belum sampai titik Jokowi mengirimkan surat resmi kepada Moon Jae-in dan Kim Jong-un.

“Kalau surat undangan disampaikan itu belum. Harus bersama-sama Presiden,” tuturnya.

Sebelumnya, hal ini sudah disebut ketika Presiden Jokowi bertemu Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom serta Dubes Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il beberapa waktu lalu.

Saat itu, mereka besama Jokowi berfoto bersama maskot Asian Games, yaitu Bhin Bhin, Kaka, dan Atung, sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan ajang olahraga internasional yang dimulai 18 Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang.

Korea Selatan dan Korea Utara memang mengirimkan timnya dalam Asian Games. Sebelumnya, delegasi kedua negara mengupayakan untuk mengirimkan tim gabungan dalam ajang tersebut.

Kedua negara sepakat untuk membentuk tim olahraga gabungan bulan lalu, kala hubungan kedua negara semakin baik setelah Moon Jae-in dan Kim Jong-un bertemu untuk pertama kalinya pada 27 Mei.

Tim gabungan itu dapat bersinergi bersama untuk pertandingan atau sekadar berpawai di bawah satu bendera dalam upacara pembukaan atau pembukaan satu ajang olahraga internasional.

Sebelumnya, Korut dan Korsel sendiri sudah beberapa kali menggabungkan timnya dalam ajang olahraga. Terakhir kali, kedua negara mengirimkan tim hoki perempuan gabungan dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, Februari lalu.

Editor: Febriansyah